kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mempersiapkan Dana Pensiun dengan Program Deposito Mampu Beri Keuntungan hingga 5%


Selasa, 05 April 2022 / 13:03 WIB
Mempersiapkan Dana Pensiun dengan Program Deposito Mampu Beri Keuntungan hingga 5%
ILUSTRASI. Program deposito "Let's 1,2,3" yang dapat menjadi penopang dana pensiun hari tua Anda


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID – JAKARTA Tahun 2020 hingga 2022 Indonesia menikmati bonus demografi tertinggi. Perbandingan antara penduduk usia non produktif terhadap penduduk usia kerja atau yang dikenal dengan dependency ratio berada di level terendah.

Bonus demografi ini diperkirakan akan berakhir pada 20 tahun lagi, dengan struktur demografi yang bergeser, di mana jumlah penduduk non produktif yang makin gemuk. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) baru-baru ini menyatakan, total aset program pensiun di Indonesia masih lebih rendah bila dibandingkan dengan sejumlah negara lain.

Hal ini tidak terlepas dari rendahnya literasi, inklusi, dan minat masyarakat untuk mengiur dana pensiun.  Namun, di sisi lain, ada kekhawatiran hanya sedikit masyarakat yang mempersiapkan atau bahkan mempunyai tabungan pensiun di hari tua.

Sejatinya pada 2017, World Economic Forum telah memperingatkan bahwa kesenjangan tabungan pensiun atau kekurangan antara apa yang ditabung saat ini dan dibutuhkan untuk standar hidup yang layak di hari tua, akan meningkat dari USD 70 triliun menjadi USD 400 triliun pada 2050, di hanya delapan negara. Adanya pandemi Covid-19 ikut memperparah masalah, termasuk dana pensiun.

Oleh karena itu, kemampuan mengelola uang menjadi kunci agar uang tidak cepat habis dan dapat menjadi sumber penghasilan rutin ke depannya. Bahkan menjadi dana pensiun dalam jangka panjang.

Masyarakat perlu memahami bahwa hanya mengandalkan tabungan tunai akan berpeluang lebih sedikit menutupi rentang hidup yang lebih lama dan prioritas hidup yang baru. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat Indonesia untuk berinvestasi jangka panjang.

Anda perlu mengambil kendali atas keuangan dan membangun portofolio investasi yang terdiversifikasi, guna memenuhi tujuan dana pensiun yang nyaman dan aman. Idealnya, selama masa produktif, Anda tidak hanya fokus pada pemenuhan kebutuhan saat itu, tetapi juga harus menyiapkan dana pensiun guna menghadapi hari tua.

Guna mempersiapkan dana pensiun tersebut maka PT Bank JTrust Indonesia Tbk (BCIC) atau yang lebih dikenal dengan J Trust Bank menghadirkan beragam produk deposito yang memberikan bunga yang baik. Produk deposito dari bank berkode saham BCIC ini akan mendampingi Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), jika Anda memilikinya.

Ada program deposito "Let's 1,2,3" yang dapat menjadi penopang dana pensiun hari tua Anda. Program ini menawarkan kesempatan kepada nasabah untuk memperoleh tiga keuntungan dengan menempatkan deposito tiga kali dalam satu periode dengan bunga deposito yang tidak kalah menggiurkan.

Dalam program deposito J Trust Bank yang digelar selama 1 April hingga 30 April 2022 ini, nasabah harus menempatkan dana deposito tiga kali berturut-turut dengan total penempatan Rp70 juta dalam satu kali periode. Nasabah akan mendapatkan bunga deposito yang berbeda untuk setiap penempatan.

Pada deposito pertama, nasabah menempatkan dana dengan nominal Rp20 juta dengan bunga deposito 4,5% per tahun (per annum/p.a), deposito kedua Rp20 juta (4,75% p.a) dan deposito ketiga Rp30 juta (5% p.a) dengan jangka waktu tersedia 2,3,6 dan 12 bulan.

Dalam program ini, ketentuan pajak 20% untuk bunga deposito tetap berlaku. Apabila nasabah melakukan break, akan dikenakan penalti sesuai ketentuan yang berlaku. Program deposito J Trust dengan bunga deposito hingga tembus 5% ini dapat diikuti oleh nasabah baru maupun nasabah lama dengan dana baru.

Dengan berbagai variasi model investasi, J Trust Bank berkomitmen mengedepankan pelayanan yang lebih baik bagi nasabah. J Trust Bank selalu melaksanakan prinsip-prinsip/asas tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG) di setiap kegiatan usaha.

Tertarik mencoba program J Trust Bank tersebut untuk menyimpan dana pensiun Anda? Silakan mengunjungi www.jtrustbank.co.id atau dapat menghubungi J Trust Call 1500 615.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×