kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melihat TKB90 untuk Keamanan Pendanaan P2P Lending


Senin, 06 Februari 2023 / 09:00 WIB
Melihat TKB90 untuk Keamanan Pendanaan P2P Lending


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Pendanaan fintech peer to peer lending (P2P lending) erat kaitannya dengan angka Tingkat Keberhasilan pengembalian pinjaman atau sering disebut TKB90.

Saat P2P lending menerima pendanaan dari pihak Lender, mereka akan menyalurkan dana tersebut sebagai pinjaman kepada UKM sebagai pihak peminjam. TKB90 menjadi indikator penting terkait pengembalian pinjaman ini dari peminjam ke Lender.

Sebelum berlanjut lebih jauh tentang fintech dan segala perlindungannya alangkah lebih baik jika kita mengenal lebih jauh mengenai tentang Tingkat Keberhasilan Bayar 90 atau TKB90.

Jika kamu sudah mengetahui mengenai TKB90, maka kamu juga dapat mengembangkan dana di Akseleran, salah satu P2P Lending terbaik yang memiliki TKB90 99.57% . Gunakan kode promo KONTAN2023 untuk mendapat dana promo Rp. 100,000 saat mendaftar melalui aplikasi ataupun website Akseleran.

TKB90: Salah Satu Indikator Yang Diatur di Platform Pendanaan Peer to Peer Lending

Pendanaan pada fintech P2P lending memang menjadi alternatif instrumen pengembangan dana yang cukup menggiurkan sejak beberapa tahun terakhir. Sudah bukan rahasia lagi jika P2P lending menawarkan tingkat bunga yang tinggi.

Jika kamu menyimpan uang di bank,  besarnya keuntungan bunga sekitar 0,5% hingga 2% per tahun. Dengan mendanai P2P lending, kamu berpotensi memperoleh pendapatan bunga sebesar 10% hingga 15% per tahun.

Yang perlu diingat tentu saja risiko dari P2P Lending lebih tinggi dibandingkan tabungan ataupun deposito.

Oleh karena itulah OJK mengeluarkan aturan TKB90 pada tahun 2019 untuk fintech P2P lending untuk memudahkan pada calon Lender untuk memantau risiko pemberian pinjaman pada platform P2P Lending.

Aturan ini terdapat pada Peraturan OJK nomor S-227/NB.21/2019 tentang Publikasi Tingkat Keberhasilan Penyelesaian Kewajiban Pinjam-Meminjam. Peraturan ini menguatkan Peraturan OJK nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi.

Angka TKB90 menunjukkan keberhasilan P2P lending dalam menerima pelunasan pinjaman dalam waktu 90 hari sejak tanggal jatuh tempo. Semakin tinggi angka TKB90 maka berarti penyelenggara platform P2P Lending tersebut memiliki performa yang semakin baik.

Cara Menghitung TKB90

Untuk mengetahui besarnya TKB90 OJK sudah merumuskan formula sendiri untuk menghitungnya, yaitu sebagai berikut:

                     TKB90 = 100% – TKW90

TKW90 sendiri menunjukkan tingkat kegagalan fintech P2P lending dalam menerima pelunasan kewajibannya dalam waktu 90 hari sejak tanggal jatuh tempo pinjaman. Semakin rendah angka kegagalan pelunasan kewajiban, atau seringkali disebut sebagai wanprestasi, maka akan semakin tinggi TKBnya.

Namun sebaliknya, jika angka kegagalan pelunasan kewajiban semakin tinggi akan menurunkan besarnya angka TKB.

Dalam menghitung angka kegagalan pelunasan kewajiban atau TKW90 ada formulanya sendiri. OJK merumuskan penghitungannya sebagai berikut:

                   TKW90 = (Jumlah wanprestasi melebihi 90 hari / Total Outstanding) × 100%

Rumus di atas membandingkan nilai pinjaman yang melebihi batas waktu 90 hari sejak tanggal jatuh tempo (wanprestasi) dengan nilai total outstanding pinjaman. Kemudian hasilnya dikalikan dengan 100%. Angka yang muncul adalah hasil akhir dari TKW90.

Gunakan P2P Lending yang memiliki angka TKB90 Tinggi

Bagi calon Lender, TKB90 bisa menjadi tolok ukur tingkat keberhasilan P2P lending dalam menagih kembali pinjaman yang diberikan Lender. Semakin besar persentase pada TKB90 akan semakin mengurangi risiko kerugian.

Oleh karena itulah, para calon Lender akan lebih memilih P2P lending dengan angka TKB90 100%, karena ini berarti P2P Lending tersebut selalu berhasil menagih pinjaman hingga ke pelunasan.

Tingkat keberhasilan 100% ini memberikan keamanan pada dana yang akan kamu kucurkan pada pendanaan dan penyelenggara P2P Lending pasti sudah memiliki rencana dan strategi agar setiap peminjam bisa melunasi pinjamannya.

Realitanya, setiap penyelenggara P2P Lending pasti akan menemui risiko NPL dari pinjaman yang telah disalurkan dan akan menurunkan angka TKB90, sehingga akan sulit terjaga di level 100%.

Namun calon Lender tetap dapat memilih P2P Lending yang memiliki performa “realistis” di angka sekitar 99% seperti P2P Lending Akseleran yang memiliki angka TKB90 99.57% per akhir Januari 2023.

Tentunya dengan level TKB90 di atas 99.5% ini akan membuat Lender lebih tenang dalam mengembangkan dana di Akseleran.

Kalaupun terjadi NPL atau wanprestasi, Akseleran juga memiliki proteksi asuransi yang menjamin pengembalian 99% dari pokok pinjaman yang tertunggak, sehingga Lender hanya menanggung risiko 1% dari pokok pinjaman tertunggak.

Nah, untuk kamu yang memiliki minat untuk mengembangkan dana melalui P2P lending yang memiliki performa TKB90 tinggi dan memiliki proteksi asuransi, kamu bisa memilih Akseleran.

Daftar sekarang menggunakan aplikasi atau website Akseleran dan gunakan kode promo KONTAN2023 untuk mendapatkan dana promo Rp. 100 Ribu untuk mencoba mendanai di Akseleran.

Jika ada pertanyaan, kamu dapat menghubungi (021) 5091-6006 untuk konsultasi langsung dengan customer service Akseleran atau email ke cs@akseleran.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×