Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) melihat peluang bisnis baru di tengah gencarnya akseptasi digitalisasi. Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo bilang memiliki empat produk kredit digital.
“Mulai dari Traveloka PayLater, Ceria, KECE, dan Pinang melalui BRI Agro,” ujar Indra pada paparan Public Expose pada Kamis (9/9).
Merujuk laporan keuangan BRI, total penyaluran kredit digital BRI mencapai Rp 921,9 miliar. Kerjasama antara BRI dan Traveloka, juga merilis Paylater Card. Hingga Juni 2021, BRI telah menyalurkan kredit lewat Traveloka PayLater mencapai Rp 556,8 miliar. Adapun outstanding-nya mencapai Rp 433,7 miliar dengan jumlah pengguna 49.053 orang.
Adapun melalui platform digital ultra mikro loan atau KECE, BRI telah menyalurkan kredit senilai Rp 119,1 miliar dengan outstanding mencapai Rp 11,6 miliar per Juni 2021. Kredit itu telah disalurkan kepada 6.030 peminjam.
Selain itu, BRI juga menyalurkan kredit melalui kerja sama dengan pelaku industri fintech dan digital startup. Total penyaluran lewat kerja sama ini mencapai Rp 607,2 miliar atau naik 37% dibandingkan Desember 2020.
Baca Juga: BRI kantongi pendapatan Rp 850 miliar lewat agen BRILink