kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Media Nusantara Citra (MNCN) Catat Pertumbuhan Pangsa Pemirsa 14,7% pada 2021


Rabu, 19 Januari 2022 / 14:03 WIB
Media Nusantara Citra (MNCN) Catat Pertumbuhan Pangsa Pemirsa 14,7% pada 2021
ILUSTRASI. MNCN. KONTAN/Daniel Prabowo/19/05/2011


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) mencatat pencapaian pangsa pemirsa di slot prime-time dengan pangsa pemirsa rata-rata 52,2%, yang merupakan peningkatan sebesar 14,7% dibandingkan pencapaian pada tahun 2020 yaitu sebesar 37,5%.

Kontributor utama dari kenaikan pangsa pemirsa prime-time MNCN berasal dari jajaran serial drama dengan performa yang kuat, diproduksi seluruhnya oleh PT MNC Studios International Tbk (MSIN) dan berbagai program spesial in-house, seperti X Factor Indonesia, Indonesian Idol, dan Master Chef Indonesia.

Selain itu, pada slot all-time, MNCN mampu meraih pangsa pemirsa sebesar 44,8%, atau peningkatan sebesar 8,8% dari pencapaian pada tahun sebelumnya yang sebesar 36%.

Program-program MNCN juga telah berkinerja sangat baik di tahun ini, dengan menempatkan 20 programnya sebagai 20 program terbaik di sepanjang tahun 2021.

Selain itu, produksi internal MNCN telah berkontribusi dengan mengambil bagian terbesar dari program-program terpopular ini, yang memungkinkan monetisasi iklan lebih jauh melalui iklan non-reguler yang ditempatkan di dalam konten.

Baca Juga: IHSG Lesu, Sentimen-Sentimen Ini yang Memberatkan

Pada tahun 2022, MNCN berencana untuk memonetisasi konten internalnya lebih lanjut melalui iklan kreatif dengan meningkatkan penyiaran konten siaran lokal dibanding asing untuk mendekat rasio 90%:10% dibandingkan sebelumnya yaitu sekitar 80%:20% pada tahun 2021.

Melihat lebih dekat pada distribusi pendapatan Perseroan pada kuartal IV-2021, slot prime-time berhasil memberikan kontribusi lebih dari 60%, meskipun hanya mewakili sekitar 4-5 jam setiap harinya. Iklan non-reguler/iklan kreatif melanjutkan kontribusi pendapatan yang cukup baik dengan mencatatkan hampir seperempat dari total pendapatan iklan MNCN pada kuartal IV-2021.

Pada basis jenis pemrograman, program reguler masih memimpin dengan jauh, yang terutama disumbangkan oleh kinerja serial drama yang sangat baik selama periode prime-time. 

Secara keseluruhan, pangsa iklan FTA Perseroan vs industri masih sangat dominan, dengan 47% di kuartal IV-2021, hampir dua kali lipat dari kompetitor terdekatnya.

Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC Group mengungkapkan pencapaian tahun 2021 sangat solid untuk performa FTA dan konten MNCN, dan mampu menghasilkan peningkatan pendapatan di seluruh bisnis MNCN yang diyakini akan melampaui tingkat pra-pandemi.

 

"Saya percaya, di tahun 2022, akan menjadi tahun yang tiada duanya bagi grup karena kami telah memutuskan untuk mengkonsolidasi aset digital MNC Media di bawah MSIN," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (19/1).

Setelah merencanakan integrasi ini pada tahun 2021, sambungnya, pihaknya sangat menantikan dan gembira pada nilai yang akan diciptakan oleh kombinasi aset digital tersebut.

"Tidak lama lagi, saya sangat yakin bahwa pasca-konsolidasi, MNCN dan MSIN akhirnya akan mendapatkan penilaian yang layak di pasar modal. Sebagai penutup, saya ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022, semoga prestasi yang kita dapatkan akan terus melampaui tahun sebelumnya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×