kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,16   -2,35   -0.26%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Maspion Group akan IPO-kan lagi anak usahanya?


Senin, 11 November 2013 / 16:32 WIB
Maspion Group akan IPO-kan lagi anak usahanya?
ILUSTRASI. Budi Frensidy, Guru Besar FEB UI. Foto: DOK PRIBADI


Reporter: Amailia Putri Hasniawati | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Setelah melepas anak usahanya yang bergerak di bisnis perbankan (PT Bank Maspion Tbk) pada Juli 2013, kini Maspion Group kembali berencana untuk menawarkan saham anak usahanya. Ditunggu saja ya (IPO nya)," ujar Alim Markus, Presiden Direktur Maspion Group, Senin (11/11).

Sayang, pria yang dikenal dengan slogan "cintai produk-produk dalam negeri itu", belum mau menjelaskan secara detail perusahaan mana yang ingin ditawarkan kepada publik (IPO).

Ketika ditanya apakah Maspion Group yang akan melakukan penawaran umum perdana saham (IPO), Alim bilang, "Kalau Group nya terlalu besar, tunggu saja lah".

Sampai saat ini, sudah ada tiga anak usaha Group Maspion yang sahamnya diperdagangkan di papan BUrsa efek Indonesia (BEI). Ketiga perusahaan itu adalah PT Alumindo Light Metal Industry Tbk (ALMI), PT Indal Aluninimum Industry Tbk (INAI), dan teranyar adalah Bank Maspion (BMAS).

Sebagai gambaran, Maspion Group bergerak di tujuh sektor bisnis. Pertama, di bidang produk konsumer. Ada tujuh perushaaan yang menaungi usaha ini. Mereka adalah PT Maspion, PT Maspion Elektrik, PT Maspion Kencana, dan PT Maxim Maspion. 

Selain itu, juga ada PT Ishizuka Maspion Indonesia, PT Alaskair Maspion, dan PT Srithai Maspion Indonesia. Kemudian, di sektor produk konsumsi industri, perusahaan punya ALMI.

Di sektor material konstruksi bangunan (building construction material), perusahaan yang berbasis di Surabaya ini mempunyai enam anak usaha yang bisa diandalkan. Keenam entitas itu adalah INAI, PT Indalex, PT Indal Servis Sentra, dan PT Furukawa Indal Aluminimum. Lainnya, ada Weilburger Coatings Indonesia dan PT Cashew Grebe Indonesia. 

Maspion Group juga mengembangkan bisnis properti seperti hotel, kawasan industri, dan bangunan komersial. Ada enam anak usaha yang fokus bergerak di bisnis ini. Mereka adalah PT Bumi Maspion, PT Alumindo Industrial Estate, PT Maspion Industrial Estate, PT Citra Maspion Contractor, Maspion Square, dan Maspion Plaza.

Di sektor keuangan, perusahaan memiliki PT Bank Maspion Indonesia Tbk (BMAS) dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan Bank Maspion. Untuk di sektor perdagangan, perseroan punya PT Maspion Trading, PT Maspion Bazar, dan PT Maxim Housewares Indonesia. 

Terakhir, ada sektor aneka industri. Ada sembilan perusahaan yang mengembangkan usaha ini, yaitu PT Trisulapack Indah, PT Indal Steel Pipe, PT Anekakabel Ciptaguna, PT Shanghai Maspion Oleo Chemical Indonesia, dan PT Shanghai Maspion Thoothpaste Industry. 

Kemudian, juga ada PT Siam Maspion Terminal, PT Heisei Stainless Steel Industry, PT Piaget Jatim Pratama, dan PT Dovechem Maspion Terminal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×