kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaatkan Momentum, Nilai Penerbitan MTN Melonjak Signifikan di Semester I-2022


Rabu, 22 Juni 2022 / 17:34 WIB
Manfaatkan Momentum, Nilai Penerbitan MTN Melonjak Signifikan di Semester I-2022
ILUSTRASI. Penerbitan MTN makin marak


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar obligasi jangka menengah yang diisi Medium Term Notes (MTN) kembali bergairah di tahun ini. Penerbitan MTN sepanjang tahun ini tercatat mengalami pertumbuhan dari sisi nominal yang diterbitkan.

Direktur PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Hendro Utomo mengungkapkan, realisasi penerbitan MTN di paruh pertama tahun ini jauh lebih semarak. Ia menyebut, secara nominal, nilainya melonjak tinggi menjadi Rp 4,09 triliun dari 9 kali penerbitan MTN hingga 21 Juni 2022.

Padahal di semester I-2021, nilai MTN yang terbit hanya sekitar Rp 620 miliar, dari 10 penerbitan.

“Peningkatan yang cukup drastis ini tidak terlepas dari nilai MTN yang jatuh tempo tahun ini yang lumayan besar, yakni mencapai Rp 13,29 triliun,” kata Hendro ketika dihubungi Kontan.co.id, Rabu (22/6).

Baca Juga: Bakal Terbitkan MTN, Dwi Guna Laksana (DWGL) Incar Dana Rp 200 Miliar

Menurutnya, periode awal tahun ini memang menjadi waktu yang tepat untuk melakukan penerbitan surat utang. Pasalnya, para emiten memanfaatkan suku bunga rendah di awal tahun untuk mengganti MTN mereka yang mahal dengan MTN yang lebih murah sebelum suku bunga naik menjelang akhir tahun.

Selain itu, dia juga melihat pemulihan ekonomi berkontribusi memperbaiki kinerja bisnis dan keuangan perusahaan. Sebagai dampaknya, profil kredit juga mulai membaik dibandingkan sebelumnya. Pada akhirnya, hal ini menambah kepercayaan diri para perusahaan untuk menerbitkan MTN.

“Di sisi lain, kami melihat investor juga lebih percaya diri untuk berinvestasi ke instrumen MTN, mempertimbangkan perbaikan profil kredit di tengah pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung dan imbal hasil yang lebih kompetitif,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×