kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Manfaatkan momentum lebaran, emiten kosmetik manfaatkan media sosial


Selasa, 07 Mei 2019 / 21:16 WIB

Manfaatkan momentum lebaran, emiten kosmetik manfaatkan media sosial


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah emiten kosmetik menggenjot strategi penjualan untuk memanfaatkan momentum hari raya Idul Fitri. Salah satu upaya yang dilakukan adalah gencar promosi lewat media sosial dan e-commerce.

Corporate Director of Creative and Innovation Kilala Tilaar menyatakan pertumbuhan (growth) Marthina Berto atau Martha Tilaar yang akan dicapai saat momentum lebaran biasanya 10%-15% sehingga strategi yang digunakan menyasar dua hal utama. Strategi ini bahkan sudah dilakukan bahkan dari sebelum lebaran.

“Pertama kolaborasi strategis dengan beberapa partner dan kedua memperkuat kampanye Clean Beauty,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Selasa (7/5).

Kilala menjelaskan kolaborasi strategis dengan partner misalnya bersama influencer atau blogger membuat konten dengan tema lebaran sambil menggunakan produk kosmetik.

Selain itu saham dengan kode MBTO ini juga gencar menawarkan promosi lebaran sale lewat E-Commerce seperti Lazada dan Shopee.

Tidak hanya itu, MBTO juga mengajak toko offline untuk mengaktifkan sosial medianya dan melakukan promosi dan juga edukasi produk. Sehingga bisa dengan mudah mendapat konsumen.

“Menjelang lebaran nanti, MBTO juga akan fokus memperkuat kampanye “clean beauty” yang sudah trend di luar negeri,” jelasnya.

Sederhananya kampanye ini adalah menerapkan No Paraben, Halal, Dermatologist tested, dan No Animal testing. Sejak 2012, MBTO telah mereformulasi 1400 formula sehingga konsep clean beauty semakin maksimal dijalankan.

Begitu juga dengan strategi yang dijalankan PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) yang memanfaatkan media sosial. Corporate Secretary PT Mandom Indonesia (TCID) Alia Dewi menyatakan penjualan produk kosmetik saat lebaran tidak terlalu signifikan.

“Namun Mandom tetap menawarkan promosi-promosi khusus yang berhubungan dengan Ramadan,” jelasnya.

Alia menjelaskan produk kosmetik unggulan yang akan digenjot penjualannya adalah Pixy. Namun sayangnya ia belum bisa menyebutkan target yang disasar pada momentum lebaran di tahun ini.

Promo lebaran akan diluncurkan minggu depan. Namun hingga saat ini, Pixy sudah melakukan upaya give away kepada konsumennya di Instagram.

Dalam promo itu, Pixy membagikan Pixy exclusive clutch dan voucher Gopay Rp 500 ribu kepada 20 followers yang terpilih. Syaratnya harus mengupload video di Instagram Story sambil menggunakan produk Pixy.

Alia menyatakan nantinya akan banyak promosi lainnya menjelang lebaran. Masyarakat diminta untuk menunggu karena banyak penawaran menarik.

 


Reporter: Arfyana Citra Rahayu
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.9465 || diagnostic_api_kanan = 0.0013 || diagnostic_web = 1.1380

Close [X]
×