kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Lunasi utang Rp 360 miliar, Bakrieland Development (ELTY) lakukan restrukturisasi


Minggu, 08 September 2019 / 15:45 WIB
Lunasi utang Rp 360 miliar, Bakrieland Development (ELTY) lakukan restrukturisasi
ILUSTRASI. RUPS PT Bakrieland Development Tbk

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) melunasi utangnya terhadap PT Riverton Group senilai Rp 360,30 miliar pada Rabu (4/9). Penyelesaian ini dilakukan dengan skema restrukturisasi utang.

PT Graha Andrasentra Propertindo Tbk (JGLE) dan PT Surya Global Nusantara (SGN) sebagai anak perusahaan ELTY, telah melakukan pelunasan atas kewajiban ELTY kepada Riverton.

Baca Juga: Kinerja Emiten Grup Bakrie, BUMI mengecewakan tapi BRMS, ENRG dan BNBR Memuaskan

"Kewajiban tersebut merupakan pinjaman modal kerja yang diberikan PT Geolink Indonesia (GLI) yang kemudian dialihkan ke Riverton," jelas Sekretaris Perusahaan ELTY Yudy Rizard Hakim di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (6/9).

Pengalihan piutang tersebut tertanggal 1 Maret 2019, yang diinformasikan ke ELTY pada 21 Mei 2019. Skema pelunasan tersebut dilakukan dengan, SGN melepas saham miliknya atas JGLE sebanyak 2,21 miliar lembar. Sebelumnya saham tersebut menjadi jaminan bagi GLI.

Lalu ELTY melalui JGLE akan melakukan pengalihan hak dan kewajibannya dalam kesepakatan dengan PT Wijaya Makmur mengenai rencana pembelian tanah seluas 24.033 m2 di Benoa Bali.

Kemudian Perseroan akan menyerahkan ke Riverton sebanyak 330.489 lembar saham atau setara 80% saham milik perseroan pada PT Bakrie Nirwana Semesta.

Dengan demikian JGLE selaku entitas anak dapat melunasi pinjamannya kepada perseroan berdasarkan perjanjian pinjaman tertanggal 22 Desember 2017 sehingga pinjaman tersebut menjadi lunas dan perjanjian pinjaman tersebut berakhir.

Baca Juga: Emiten dengan jumlah saham publik jumbo tak selalu likuid, ini sebabnya

Transaksi ini dilakukan untuk mempertahankan keberlanjutan usaha perusahaan. Serta memenuhi kewajiban perseroan atas utang yang telah dialihkan GLI ke Riverton dan mencegah Riverton sebagai kreditur baru melakukan upaya hukum yang serius terhadap perseroan atau pun ke JGLE.

JGLE merupakan pihak terafiliasi dengan perseroan di mana tidak semua saham atau modalnya dimiliki oleh ELTY dan laporan keuangan JGLE dikonsolidasikan dengan Perseroan. Sedangkan SGN merupakan perusahaan terkendali oleh ELTY yang sahamnya dimiliki 99%.  

 

 



Video Pilihan

TERBARU

×