kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Logindo Samudramakmur (LEAD) menahan ekspansi di tengah pandemi


Selasa, 17 November 2020 / 15:40 WIB
Logindo Samudramakmur (LEAD) menahan ekspansi di tengah pandemi
ILUSTRASI. Tahun ini, Logindo (LEAD) menyiapkan belanja modal sebesar US$ 1,4 juta.


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) memutuskan untuk menahan ekspansi hingga saat ini. Sekretaris Perusahaan Logindo Samuderamakmur Adrianus Iskandar mengatakan, LEAD belum ada rencana untuk melakukan ekspansi.

“Untuk rencana ekspansi, sampai saat ini kami masih wait and see dan belum ada rencana ekspansi pembelian kapal,” kata Iskandar kepada Kontan.co.id, Selasa (17/11).

Adanya pandemi Covid-19 turut menekan kinerja emiten pelayaran ini. Menurut Iskandar, pendapatan LEAD pada tahun ini bisa jauh lebih tinggi apabila tidak ada pandemi corona. Efek dari Covid-19 mempengaruhi harga minyak dan mengakibatkan berkurangnya aktivitas eksplorasi perusahaan migas.

Pada kuartal awal tahun ini, sambungnya, utilisasi kapal LEAD sudah hampir mendekati 80% atau hampir mencapai utilisasi maksimum, namun kemudian terdampak pandemi sehingga untuk bulan-bulan selanjutnya terjadi penurunan.

Baca Juga: Kinerja Logindo Samudramakmur (LEAD) naik di kuartal III-2020, ditopang kontrak baru

Secara keseluruhan, tingkat utilisasi rata-rata dari armada LEAD hanya di 72% hingga September 2020. Sekadar informasi, saat ini Logindo memiliki 44 kapal. Armada miliki LEAD merupakan kapal untuk mendukung kegiatan eksplorasi dan produksi migas atau offshore support vessel. LEAD juga tengah mengikuti tender untuk layanan kapal support.

Dengan kondisi pandemi dan juga harga minyak yang masih rendah, akhirnya perusahaan ini tak menetapkan target muluk-muluk. LEAD mengharapkan capaian kinerja tak jauh berbeda dengan tahun lalu yakni di sekitar US$ 25 juta, pun untuk tahun depan.

Tahun ini, LEAD menyiapkan belanja modal sebesar US$ 1,4 juta atau susut dari alokasi awal tahun US$ 2 juta. Hingga September perusahaan tersebut telah menyerap belanja modal sebesar US$ 1,1 juta untuk keperluan docking kapal.

Baca Juga: PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) Batal Belanja Kapal Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×