kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Logindo Samudramakmur (LEAD) belum berencana tambah kapal baru di tahun ini


Rabu, 02 Juni 2021 / 15:48 WIB
Logindo Samudramakmur (LEAD) belum berencana tambah kapal baru di tahun ini
ILUSTRASI. Logindo Samudramakmur (LEAD) belum berencana menambah kapal baru di tahun ini.


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) masih menahan ekspansi pada tahun ini. Sekretaris Perusahaan Logindo Samudramakmur Adrianus Iskandar mengatakan, pihaknya belum berencana menambah armada baru.

Emiten pelayaran ini lebih fokus mengoptimalkan utilisasi dari armada yang dimiliki. Pasalnya, sekarang ini tingkat utilisasi kapal-kapal Logindo masih berada di 65%.

Selain itu, LEAD juga berupaya menekan biaya-biaya operasional pada 2021. Adrianus menuturkan, LEAD berencana melakukan scrap 3 kapalnya. "Jadi ada tiga kapal yang sudah tua dan tidak beroperasi, sebelumnya memang sudah sejak lama ditawarkan untuk dijual," ujar Adrianus, Rabu (2/6).

Baca Juga: Logindo Samudramakmur (LEAD) menargetkan rugi lebih kecil tahun ini

Menurutnya, pembesituaan tiga armada tersebut nilainya terbilang kecil atau tak sampai dari Rp 1 miliar. Yang jelas, dengan scrap 3 kapal ini, LEAD dapat mengurangi biaya-biaya seperti biaya asuransi, biaya penjagaan, biaya sandar, dan lainnya. Setelah dikurangi 3 armada tersebut, maka total armada LEAD saat ini sebanyak 41 unit.

Memang, pada tahun ini LEAD tengah berupaya mengurangi biaya. Pada tahun lalu saja, LEAD berhasil menurunkan biaya operasional kapal sekitar 12%. Selain itu, biaya bunga pinjaman juga menurun sehubungan telah disetujui kesepakatan restrukturisasi, biaya bunga tersebut turun lebih dari 40%.

Dengan demikian, LEAD menargetkan bisa menekan rugi bersih ke angka US$ 1,5 juta-US$ 2 juta, angka tersebut lebih baik dari perkiraan rugi bersih pada tahun lalu.

 

Selanjutnya: Kuartal I 2021, Logindo Samudramakmur (LEAD) kantongi kontrak baru US$ 1,2 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×