kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lepas Federal Karyatama ke ExxonMobil, Mitra Pinasthika siap akuisisi strategis


Senin, 30 April 2018 / 14:15 WIB
Lepas Federal Karyatama ke ExxonMobil, Mitra Pinasthika siap akuisisi strategis
ILUSTRASI. Jajaran produk Federal Oil


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) dan ExxonMobil telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat untuk melepas semua saham yang dimiliki oleh MPMX di PT Federal Karyatama. Kesepakatan ini akan tergantung pada seluruh kondisi prasyarat jual beli bersyarat termasuk persetujuan dari Pemerintah dan pemegang saham yang terkait.

Dalam keterangan pers, Senin (30/4), Rudy Halim, Group CEO MPMX menjelaskan, transaksi ini konsisten dengan tujuan untuk memberikan manfaat bagi pemegang saham dan mempercepat inisiatif strategis untuk mentransformasikan bisnis MPMX secara keseluruhan menjadi platform smart mobility yang berkelanjutan yang didukung oleh artificial intelligence dan kemampuan teknologi blockchain.

Transaksi ini juga memungkinkan MPMX memperkuat neraca keuangan seperti yang telah dilakukan selama dua tahun terakhir termasuk mengurangi biaya pendanaan dan menghasilkan pertumbuhan positif arus kas operasional.

"Sebagian dari hasil transaksi akan diinvestasikan kembali untuk memperluas portofolio bisnis kami yang sudah ada, dan untuk meraih peluang pertumbuhan yang belum dimanfaatkan sebelumnya. Kami juga akan memulai akuisisi strategis yang akan memungkinkan kami mempercepat transformasi serta memperbesar EBITDA kami. Transaksi ini akan memungkinkan MPMX untuk memastikan jalannya pertumbuhan yang lebih cepat sehingga kami dapat menciptakan nilai yang lebih besar bagi para pemegang saham kami,” kata Rudy, Senin (30/4).

Catatan saja, tahun ini Federal Karyatama merayakan 30 tahun perjalanannya. Selama 30 tahun hadir di Indonesia, Federal Karyatama telah berkembang menjadi pemimpin pasar dalam bisnis pelumas roda dua dengan produk andalannya Federal Oil termasuk pelumas roda empat di bawah merek Federal Mobil.

Federal Karyatama juga telah memulai operasi komersial yang terbaik di kelasnya untuk fasilitas blending dan pengemasan berstandar internasional, dan gudang baru di Cilegon yang memungkinkan antisipasi pertumbuhan bisnis dengan menurunkan biaya produksi serta meningkatkan kapasitas produksi.

“Di bawah pengelolaan ExxonMobil, kami yakin bahwa Federal Karyatama telah menemukan rumah baru untuk membangun sejarah baru dan meningkatkan bisnis ke level yang lebih tinggi dengan menggabungkan kepemimpinan pasar dan channel management ExxonMobil yang kuat," tambah Rudy.

Transaksi ini tunduk pada semua kondisi prasyarat yang diatur termasuk diperolehnya persetujuan dari pemerintah dan pemegang saham yang terkait serta diharapkan akan selesai di tahun 2018. Pasca transaksi MPMX akan terus menjadi rekan bisnis Federal Karyatama dengan menawarkan platform MPMX untuk mengkomersialkan dan mendistribusikan produk-produk Federal Karyatama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×