kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,77   -10,78   -1.19%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lelang Sukuk Berpotensi Tetap Ramai, Meski Pasar Obligasi Terkoreksi


Senin, 10 Januari 2022 / 06:00 WIB
Lelang Sukuk Berpotensi Tetap Ramai, Meski Pasar Obligasi Terkoreksi


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga obligasi dalam tren menurun. Namun, analis memproyeksikan minat investor pada lelang sukuk alias Surat Berharga Syaraiah Negara (SBSN), Selasa (11/1), akan tetap ramai. 

Mengutip Bloomberg, Jumat (7/1), yield obligasi bergerak naik ke 6,44% dari hari sebelumnya di 6,39%. Sementara di pekan lalu, yield berada di 6,27%. Tren kenaikan yield tersebut menunjukkan harga obligasi yang menurun.

Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas Ramdhan Ario Maruto mengatakan pasar obligasi tertekan karena merespon sikap The Federeal Reseverse (The Fed) yang semakin hawkish. 

"Percepatan tapering dan kenaikan suku bunga yang lebih tinggi di AS memancing arus modal kembali ke pasar AS, sehingga pasar obligasi domestik tertekan," kata Ramdhan, Jumat (7/1). 

Namun, meski pasar obligasi tertekan oleh sentimen eksternal, Ramdhan tetap optimistis minat investor dalam lelang sukuk pekan ini akan tetap ramai oleh investor domestik. 

Baca Juga: Pemerintah Akan Lelang Enam Seri Sukuk pada Selasa (11/1), Ini Daftarnya

"Investor domestik tetap mendominasi dan akhirnya membuat volatilitas di pasar obligasi cenderung lebih landai," kata Ramdhan. 

Ramdhan memproyeksikan lelang sukuk akan tetap ramai lantaran didukung likuiditas dalam negeri yang masih tinggi. Terutama, likuiditas dari perbankan yang belum maksimal menyalurkan kredit. Beberapa institusi lain seperti reksadana dan asuransi juga membutuhkan sukuk. 

Ramdhan memproyeksikan jumlah penawaran yang masuk paling tidak bisa di atas Rp 25 triliun. Untuk seri yang diminati, investor berpotensi memburu seri baru dan seri dengan tenor menengah.

Head of Investment Research Infovesta Wawan Hendrayana juga memproyeksikan minat investor pada lelang sukuk akan ramai. 

Wawan menilai imbal hasil yang diberikan PBS029 dengan tenor sekitar 12 tahun sebesar 6,37% menarik di mata investor. "Yield obligasi dikurangi inflasi Indonesia masih menjadi salah satu yang terbaik di Asia," kata Wawan. 

Alhasil, Wawan optimistis target indikatif pemerintah pada lelang sukuk ini sebesar Rp 11 triliun dapat tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×