Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan telekomunikasi milik Negara, PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) bersiap melebarkan sayap bisnisnya. TLKM dikabarkan berencana untuk masuk ke layanan streaming digital, salah satunya layanan over the top (OTT).
“Bisnis digital ini menjadi bisnis tersendiri yang keluar dari pattern Telkom, nanti ada gaming, OTT (over the top), kami akan taruh di bawah Telkomsel,” terang Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika wirjoatmodjo dalam audiensi bersama media, belum lama ini.
Analis Henan Putihrai Sekuritas Steven Gunawan mengapresiasi langkah TLKM untuk masuk ke ekosistem bisnis digital. Dia menilai, rencana TLKM untuk masuk ke layanan streaming digital menjadi alasan TLKM sampai bekerjasama dengan Microsoft, yakni untuk memperkuat ekosistem bisnis digital.
Baca Juga: IPO Mitratel dinilai bakal atraktif, apa daya tariknya?
Steven menilai, layanan streaming dan OTT tergolong digital-media bisnis yang sedang digandrungi (hype) saat ini. Pasar bisnis digital ini juga cukup luas, dimana 38% penduduk Indonesia merupakan generasi-Z dan millenial yang lebih menggemari media online digital.
Namun, perlu pembuktian dahulu apakah Telkomsel mampu melakukan penetrasi pasar Indonesia, mengingat pesaing eksisting (seperti Netflix hingga Spotify) sudah punya brand yang kuat. Terlebih, kaum muda saat ini dinilai fanatik dengan global brand.