kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lakukan transformasi digital, simak rekomendasi saham Mitra Adiperkasa (MAPI)


Senin, 06 September 2021 / 15:00 WIB
Lakukan transformasi digital, simak rekomendasi saham Mitra Adiperkasa (MAPI)
ILUSTRASI. Pengunjung gerai Sogo Department Store saat berlangsung program diskon Red Hot Deals di Mal Lippo Puri Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (25/04). Analis rekomendasikan saham MAPI. KONTAN/Baihaki/25/04/2021


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) berhasil mencatatkan kinerja yang solid pada penjualan segmen digitalnya di tengah pandemi Covid-19. Tercatat, penjualan MAPI secara digital mengalami kenaikan mencapai Rp 1,1 triliun pada semester I-2021 atau naik 38% secara year on year

Perolehan tersebut juga berkontribusi sebesar 11,6% terhadap total penjualan MAPI di periode yang sama. Adapun, MAPI membukukan pendapatan sebesar Rp 9,13 triliun atau naik 33,87% secara yoy. Dari sisi bottom line, emiten ritel ini juga berhasil membalikkan kerugian 407,93 miliar menjadi laba Rp 271,7 miliar. 

Analis Panin Sekuritas Rendy Wijaya dalam risetnya pada 2 September 2021 menuliskan, kontribusi tersebut naik signifikan mengingat pada masa sebelum pandemi kontribusi penjualan digital hanya berada di kisaran 2,2%-2,3% dari total penjualan.

“Kami memperkirakan ke depannya kontribusi segmen digital ini masih akan terus meningkat didukung oleh jam operasional gerai offline yang masih cenderung terbatas di tengah pandemi Covid-19. Ditunjang jua oleh perubahan kebiasaan belanja masyarakat yang akan cenderung permanen ke depan,” tulis Rendy. 

Baca Juga: Inilah rekomendasi saham untuk dibeli saat September effect

Selain itu, Rendy juga melihat MAPI akan fokus dalam pengembangan utilisasi member MAP Club ke depannya. Menurutnya, program MAP Club yang sudah dijalankan sejak 2016 belum mendapat banyak exposure terhadap konsumen. 

Saat ini, MAP Club menjadi pusat utama pengembangan berbagai program penjualan MAPI di mana hal ini mencatatkan kinerja positif setelah sekitar 50% dari total pendapatan MAPI berasal dari transaksi member MAP Club. Tercatat, anggota MAP Club saat ini sebanyak 4,3 juta anggota dengan rata-rata frekuensi belanja mencapai 1,6x per tahun. 

Ke depan, MAPI juga telah berinvestasi pada penggunaan teknologi untuk menganalisa data konsumen. Hal ini diharapkan bisa membuat program dan juga pemilihan brand yang lebih sesuai dengan preferensi konsumen, khususnya member MAP Club,

Rendy mengekspektasikan, dengan fokus MAPI terhadap pengembangan saluran digital ini, maka perseroan akan berpotensi menurunkan kebutuhan anggaran belanja atau capital expenditure (capex) ke depannya. Sebagai informasi, capex MAPI di tahun 2020 lalu mencapai Rp 500 miliar dan hingga semester I-2021, realisasi capex-nya sudah mencapai Rp 230 miliar.

Baca Juga: Simak rekomendasi saham Bank Danamon (BDMN) dari dua analis ini

Tak hanya itu, langkah MAPI dengan melakukan penetrasi ke pasar perangkat elektronik dinilai Rendy sebagai langkah yang tepat. Pada 2019 lalu, MAPI mengakuisisi gerai Infinite yang ditransformasikan menjadi gerai Digimap di mana dengan ini MAPI mulai melakukan penetrasi penjualan produk gadget sebagai diversifikasi bisnis. 

Pada tahun 2021 ini, MAPI kembali membuka format gerai perangkat elektronik multibrand yaitu Digiplus yang tidak hanya menjual produk-produk dari Apple, tetapi juga brand produk elektronik lainnya. 

“Kami menilai langkah ini menjadi diversifikasi yang tepat di mana kinerja penjualan dari segmen produk digital ini tercatat meningkat signifikan dalam waktu kurang dari 3 tahun karena telah mencapai 8% dari total pendapatan MAPI. Selain itu, kami menilai pasar smartphone atau gadget di Indonesia juga masih memiliki ruang yang luas untuk penetrasi lebih jauh,” imbuh Rendy.

 




TERBARU

[X]
×