kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba naik 55,6% di semester I 2021, ini kata manajemen Metrodata Electronics (MTDL)


Selasa, 27 Juli 2021 / 09:51 WIB
Laba naik 55,6% di semester I 2021, ini kata manajemen Metrodata Electronics (MTDL)
ILUSTRASI. Jajaran direksi PT Metrodata Electronics Tbk (?MTDL?), emiten Teknologi Informasi dan Komunikasi (?TIK?) khususnya di bidang solusi digital serta distribusi hardware dan software, berhasil meraih pertumbuhan laba bersih untuk tahun 2020.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) membukukan laba bersih sebesar Rp 242,8 miliar pada semester pertama 2021, meningkat 55,6% dibandingkan raihan laba bersih pada periode yang sama pada tahun lalu.

Emiten Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya di bidang solusi digital serta distribusi hardware dan software ini mencatatkan pertumbuhan di masing-masing unit bisnis, yaitu unit bisnis distribusi dan unit bisnis solusi & konsultasi.

Presiden Direktur Metrodata Electronics, Susanto Djaja, menyampaikan, pertumbuhan laba bersih Metrodata Electronics ditopang oleh raihan pendapatan pada Semester I 2021 yang mencapai Rp 7,7 triliun atau meningkat 23,5%.

"Faktor pertumbuhan tersebut disebabkan oleh meningkatnya permintaan berbagai produk dan solusi TIK dalam rangka mendukung digitalisasi. Oleh karena itu, MTDL terus menambah produk, mitra global, dan solusi TIK baru yang berkualitas,” ungkap Susanto dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (27/7).

Baca Juga: Ciamik, Semester I-2021 Laba Bersih Metrodata Electronics (MTDL) Melejit 55,6 Persen

Direktur Metrodata Electronics, Randy Kartadinata, menjelaskan, pada Semester I 2021 unit bisnis distribusi meraih performa positif dengan pertumbuhan pendapatan sebesar 24,7% dan laba bersih 84,2%. Meskipun supply notebook masih belum sepenuhnya pulih karena adanya kelangkaan bahan baku chip secara global, akan tetapi MTDL berhasil mengimbanginya dengan diversifikasi produk, seperti chromebook dan smartphone.

 

Pada Semester I 2021 penjualan smartphone mencapai Rp 828 miliar atau bertumbuh 98%, dengan memasarkan smartphone dengan harga ekonomis dan fitur aplikasi android terbaru yang diminati masyarakat.

"Di sisi lain, masa pandemi mengakibatkan banyak orang menghabiskan waktu di rumah yang berpeluang mengisi hiburan dengan bermain game. Hal ini juga meningkatkan permintaan produk gaming mencapai lebih dari 66%,” ujar Randy.

Baca Juga: Metrodata (MTDL) optimistis capai target kenaikan penjualan 8% tahun ini

Di unit bisnis Solusi dan Konsultasi pada Semester I 2021 Metrodata Electronics juga meraih pertumbuhan pendapatan sebesar 16,9% dan laba bersih 37,2%. Hal ini didorong dengan adanya tren digitalisasi yang terus meningkat dan menjadi kebutuhan berbagai sektor perusahaan.

Adapun kontribusi terbesar berasal dari sektor finansial yang menyumbang 33% ke pendapatan unit bisnis Solusi dan Konsultasi. Ke depan, unit bisnis Solusi dan Konsultasi akan terus mengembangkan kompetensinya dalam mendukung transformasi perbankan di Indonesia untuk menjadi Bank Digital.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×