Reporter: Riska Rahman | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil meningkatkan penjualannya hingga triwulan ketiga tahun ini. Peningkatan ini berdampak positif pada pertumbuhan laba perusahaan hingga September 2017 lalu yang berhasil tumbuh hampir 40%.
Dalam laporan keuangan ARNA yang dirilis Senin (16/10), produsen keramik ini mencatatkan penjualan sebesar Rp 1,27 triliun. Angka ini meningkat 14,82% year-on-year (yoy) dibanding periode sembilan bulan tahun lalu sebesar Rp 1,1 triliun.
Kontribusi penjualan terbesar datang dari penjualan barang kepada pihak berelasi, yaitu sebesar 91,07%. PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) menjadi perusahaan yang memiliki kontribusi paling besar dalam penjualan perusahaan di kuartal ketiga lalu.
Meski persentase penjualan ARNA ke CSAP turun dari 73,28% menjadi 72,04% di kuartal ketiga ini, jumlah penjualannya meningkat menjadi Rp 912,74 miliar.
Peningkatan penjualan di kuartal ketiga lalu pun diikuti dengan peningkatan beban pokok penjualan. Hingga September 2017 lalu, Arwana harus menanggung beban pokok penjualan sebesar Rp 975,2 atau naik 11,48% yoy.
Namun hal ini tidak berdampak besar pada laba kotor perusahaan di periode ini. ARNA masih mampu mencetak pertumbuhan laba kotor sebesar 27,57% yoy menjadi Rp 291,78 miliar.
Adapun di triwulan ketiga tahun ini, Arwana berhasil membukukan pertumbuhan laba sebesar 37,76% menjadi Rp 83,88 miliar. Di periode yang sama tahun lalu, perusahaan ini hanya berhasil membukukan laba sebesar Rp 60,89 miliar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News