kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45990,09   -7,16   -0.72%
  • EMAS1.138.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kuartal I 2023, Penyaluran Kredit Bank Danamon Capai Rp 151,8 Triliun


Senin, 01 Mei 2023 / 04:55 WIB
Kuartal I 2023, Penyaluran Kredit Bank Danamon Capai Rp 151,8 Triliun


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) memulai tahun 2023 dengan pencapaian kinerja yang solid pada triwulan pertama. Bank Danamon berhasil mencetak pertumbuhan Total Kredit dan Trade Finance sebesar 15% secara tahunan atau Year on Year (YoY) dan mencapai Rp 151,8 triliun pada kuartal I tahun 2023.

Hal ini turut didukung oleh pertumbuhan di setiap segmen bisnis. Selain itu, PT Adira Dinamika Multifinace, Tbk. (Adira Finance), yang merupakan anak perusahaan Danamon, juga berhasil membukukan pertumbuhan sebesar 48% untuk pembiayaan baru bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Total Pendanaan tumbuh sebesar 2% YoY mencapai Rp 138,6 triliun. Danamon tetap konsisten dalam menerapkan pendekatan institusional dan pengembangan digital channel yang menghasilkan saldo CASA dan rasio CASA yang stabil.  

Baca Juga: Danamon Mengumumkan Hasil Kinerja Keuangan Kuartal I Tahun 2023

Dari sisi profitabilitas, Net Interest Margin (NIM) meningkat sebesar 50 basis poin (bps) YoY dengan tren kuartalan yang stabil. Sementara itu, Pendapatan Operasional meningkat sebesar 6% YoY menjadi Rp 4,4 triliun dan Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) mencapai Rp 818 miliar.

Danamon juga berkomitmen untuk memperkuat kualitas asetnya dengan rasio Loan at Risk (LAR) – (termasuk restrukturisasi Covid-19 under forbearance) yang dikelola menjadi 12,7%, membaik sebesar 270 bps YoY, serta meningkatkan Non-Performing Loan (NPL) coverage yang mencapai rekor tertinggi di 254%.

Daisuke Ejima, Direktur Utama Danamon, mengatakan bahwa, ini baru sebuah permulaan, pihaknya mengaku akan terus berinovasi, mencari cara yang lebih baik dalam melayani dan memberikan solusi keuangan bagi para nasabah, mencapai rekor kinerja yang lebih baik serta memperkuat kolaborasi antara MUFG dan Adira Finance sebagai satu grup.

"Telah terbukti bahwa melalui kolaborasi dan ekosistem MUFG, kami dapat menjangkau lebih banyak lagi dalam memperluas bisnis kami dan memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia," ujar Daisuke dalam siaran pers, Jumat (28/4).

Baca Juga: Bank Danamon Memperkuat Posisi di Segmen Bisnis Ritel

Sebagai komitmen untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan digital, Danamon bersama MUFG juga mengumumkan penempatan Garuda Fund, dana ventura yang didedikasikan untuk startup Indonesia yang dikelola oleh MUFG Innovation Partners (MUIP), perusahaan modal ventura MUFG.

Bekerja sama dengan MUFG, Danamon juga menyelenggarakan Business and Investment Matching Fair 2023 untuk menghubungkan para nasabah bisnis dengan ekosistem MUFG dan memberikan akses kepada startup Indonesia ke para calon investor. 

Danamon dan Adira Finance didukung oleh MUFG menjadi Official Bank Partner dan Official Multifinance Partner di Indonesia International Motor Show (IIMS) Jakarta 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×