kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,98   0,26   0.03%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konflik di Timur Tengah kembali Memanas, Harga Komoditas Energi Kompak Menguat


Rabu, 19 Juni 2024 / 17:09 WIB
Konflik di Timur Tengah kembali Memanas, Harga Komoditas Energi Kompak Menguat
ILUSTRASI. Matahari terlihat di balik dongkrak pompa minyak mentah di Permian Basin di Loving County, Texas, AS, 22 November 2019.


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga komoditas energi saat ini, seperti minyak dunia, gas alam, dan batubara kompak menguat di tengah meningkatnya tensi konflik di Timur Tengah. Perang yang berkepanjangan akan menjadi pendukung bagi prospek harga komoditas energi.

Presiden Komisioner HFX International Berjangka Sutopo Widodo mengamati, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) bertahan di kisaran US$ 81,5 per barel pada Rabu (19/6) siang, berada pada level tertinggi dalam tujuh minggu, karena meningkatnya konflik di Eropa Timur dan Timur Tengah yang menambah kekhawatiran pasokan. 

Meskipun, berdasarkan Trading Economics, harga minyak WTI turun tipis 0,26% ke level US$ 81,3 per barel pada Rabu (19/6) pukul 16.30 WIB. Namun, menurut Sutopo penurunan ini hanya bersifat sementara karena prospek harga komoditas energi, salah satunya minyak dunia masih baik ke depannya. 

Baca Juga: S&P 500 dan Dow Naik, Data Penjualan Ritel Lemah dan Fokus ke Pidato Pejabat The Fed

Ditambah, Sutopo bilang, terdapat serangan pesawat tak berawak Ukraina di Rusia yang menyebabkan kebakaran di terminal minyak di sebuah pelabuhan utama, sementara seorang pejabat tinggi Israel memperingatkan akan terjadinya perang habis-habisan dengan Hizbullah Lebanon. Hal ini akan membuat harga minyak masih berpotensi untuk menguat. 

“Harga minyak baru-baru ini juga didukung oleh perkiraan pertumbuhan permintaan global yang kuat, di mana OPEC, Badan Energi Internasional (IEA) dan Energy Information Administration (EIA) AS memperkirakan pertumbuhan permintaan minyak yang kuat pada paruh kedua tahun ini,” kata Sutopo kepada Kontan.co.id, Rabu (19/6). 

Selain itu, anggota utama OPEC+ seperti Rusia dan Irak menegaskan kembali kepatuhan mereka terhadap kuota produksi. Sedangkan Arab Saudi mengindikasikan kesediaan untuk menyesuaikan produksi sebagai respons terhadap kondisi pasar. 

Baca Juga: Harga LNG Asia ke Level Tertinggi 6 Bulan, Suhu Panas & Gangguan Fasilitas di Aussie

Kemudian, Sutopo bilang, data industri menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah AS meningkat sebesar 2,264 juta barel pada minggu lalu, melampaui perkiraan penurunan sebesar 2,2 juta barel.

Harga batubara Newcastle berjangka juga terpantau naik di atas US$ 135 per ton, sedikit pulih dari level terendah dalam dua bulan sebesar US$ 132 per ton, yang dicapai pada Jumat (7/6). 

Sutopo menjelaskan bahwa peningkatan ini didorong oleh India, konsumen batubara terbesar kedua di dunia, yang mengalami rekor permintaan listrik tertinggi di wilayah Utara akibat gelombang panas yang terus-menerus. 




TERBARU

[X]
×