kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.468.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.946   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.161   -53,30   -0,74%
  • KOMPAS100 1.094   -8,21   -0,74%
  • LQ45 872   -4,01   -0,46%
  • ISSI 216   -1,82   -0,84%
  • IDX30 446   -1,75   -0,39%
  • IDXHIDIV20 540   0,36   0,07%
  • IDX80 126   -0,84   -0,67%
  • IDXV30 136   0,20   0,15%
  • IDXQ30 149   -0,29   -0,20%

Kino Indonesia (KINO) Dorong Penjualan Ekspor di 2023


Selasa, 07 Februari 2023 / 15:22 WIB
Kino Indonesia (KINO) Dorong Penjualan Ekspor di 2023
ILUSTRASI. PT Kino Indonesia Tbk (KINO) fokus kerek penjualan ekspor di tahun 2023


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kino Indonesia Tbk (KINO) berencana mengembangkan pasar ekspor di 2023. Rencananya, Kino Indonesia bakal melakukan penetrasi lebih jauh dari pasar-pasar yang sudah dimasuki.

Sekretaris Perusahaan KINO Clara Linanda mengatakan, saat ini KINO telah melakukan ekspor ke banyak negara secara global. Apalagi Kino juga memiliki kantor di negara-negara seperti Vietnam, Kamboja, dan lainnya.

"Kami memiliki rencana untuk memperluas pasar ekspor dengan fokus melakukan penetrasi lebih dalam pada pasar yang sudah dimasuki, terutama berfokus pada Asia Tenggara dan Asia Timur," ujarnya kepada Kontan.co.id, Senin (6/2).

Maklum, sejak pandemi porsi penjualan ekspor KINO masih menunjukkan tren pelemahan. Berdasarkan laporan keuangan kuartal III 2022, penjualan ekspor KINO turun 35,93% menjadi Rp 142,09 miliar.

Baca Juga: Simak Jurus Kino Indonesia (KINO) Mengarungi Bisnis Tahun Ini

Angka tersebut berkontribusi 5,01% dari total penjualan KINO sebesar Rp 2,83 triliun. Dalam catatan Kontan.co.id, porsi penjualan ekspor KINO sebelum pandemi berkisar di level 10%-11%.

Guna menggenjot ekspor, Clara bilang KINO akan tetap fokus untuk memaksimalkan penggunaan aset yang dimiliki. "Kami tetap fokus untuk memaksimalkan penggunaan semua aset yang kami miliki untuk mendorong pertumbuhan kinerja kami ke depan," jelasnya.

Secara keseluruhan KINO juga telah menyiapkan berbagai rencana guna mendorong kinerjanya tahun ini. KINO akan melakukan perluasan jaringan distribusi, mengembangkan merek-merek yang sudah ada, memasuki pasar serta segmen yang belum dimiliki saat ini, dan meningkatkan efisiensi operasional.

"Dengan strategi pertumbuhan ini, kami memperkirakan kinerja di tahun 2023 akan meningkat dibandingkan tahun 2022," imbuhnya.

 

Hingga kuartal III-2022, pendapatan bersih KINO menurun menjadi Rp 2,83 triliun. Angka itu turun 3,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 2,93 triliun.

Dari sisi bottom line, KINO mencatatkan rugi bersih hingga Rp 245,78 miliar. Padahal, pada kuartal III-2021 KINO masih mengantongi laba bersih Rp 82,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×