kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja reksadana saham kalahkan IHSG


Senin, 01 Desember 2014 / 20:07 WIB
Kinerja reksadana saham kalahkan IHSG


Reporter: Wahyu Satriani | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Kinerja reksadana saham masih membagikan keuntungan paling tinggi ketimbang lainnya. Data Infovesta Utama menunjukkan rata-rata kinerja reksadana saham secara year to date November 2014 mencapai 25,82% atau mengalahkan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang mencapai 20,49%.

Return reksadana saham juga mampu mengungguli rata-rata reksadana campuran yang sekitar 15,66%. Demikian juga dengan reksadana pendapatan tetap yang mampu memberikan rata-rata return sekitar 7,81% pada periode yang sama.

Scara month on month (MoM) sepanjang November 2014, rata-rata return reksadana saham mencapai 2,62% atau atau lebih tinggi ketimbang IHSG yang sekitar 1,19%. Adapun rata-rata kinerja reksadana campuran mencapai 1,51% dan rata-rata kinerja reksadana pendapatan tetap mencapai 1,16%.

Reksadana saham masih menjadi produk investasi paling menguntungkan sepanjang tahun ini. Hingga akhir November 2014 saja, rata-rata kinerja reksadana saham mencapai 25, 82% atau mengalahkan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang mencapai 20,49%.

Direktur PT CIMB Principal Asset Management Gunanta Afrima mengatakan tingginya kinerja reksadana saham ditopang oleh performa emiten yang baik sepanjang tahun ini. Di sisi lain,  hajatan pemilihan umum (Pemilu) lima tahunan juga berjalan dengan baik sesuai ekspektasi sehingga mendorong pasar saham  yang menjadi aset reksadana saham.

"Pasar saham juga start low dari koreksi tahun lalu, " kata Gunanta,  Jakarta,  Senin (1/12).

Tahun depan, Gunanta memperkirakan reksadana saham masih akan membagikan keuntungan paling tinggi ketimbang reksadana lainnya.  Kinerja produk ini akan dipicu oleh berjalannya program pemerintah di sektor infrastruktur. "Apabila program pemerintah tersebut berjalan sesuai rencana,  maka reksadana saham bisa memberikan keuntungan tinggi, " kata Gunanta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×