kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,68   -0,95   -0.09%
  • EMAS957.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Kinerja Mitra Adiperkasa (MAPI) Diproyeksi Moncer, Cermati Rekomendasi Analis


Jumat, 08 Juli 2022 / 14:06 WIB
Kinerja Mitra Adiperkasa (MAPI) Diproyeksi Moncer, Cermati Rekomendasi Analis
ILUSTRASI. Pengunjung mengamati produk yang ditawarkan di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Kinerja Mitra Adiperkasa (MAPI) Diproyeksi Moncer, Cermati Rekomendasi Analis.


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) diyakini bisa mendulang kinerja yang positif pada tahun ini. Hal ini seiring dengan langkah ekspansif dan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi yang dinilai bisa mendongkrak daya beli masyarakat. 

Analis Valbury Sekuritas Devi Harjoto dalam risetnya pada 5 Juli menuliskan, pemulihan mobilitas dan daya beli akan jadi faktor utama yang mendongkrak kinerja MAPI. Ia meyakini, pendapatan bersih MAPI pada tahun ini bisa tumbuh 21% secara year on year (yoy) menjadi Rp 22,36 triliun. 

Dari segi segmen, ia memperkirakan segmen retail, terutama untuk produk fashion terutama zara, gadget melalui DigiMap, dan peralatan olahraga melalui gerai Planet Sports, juga segmen café akan tumbuh signifikan. Kemudian, MAPI juga akan meleverage MAPClub yang saat ini telah mencapai 5 juta anggota untuk meningkatkan loyalty dan penggunaan data analytics.

“Selain itu, MAPI akan terus mendorong management inventory yang lebih ketat sehingga dapat menurunkan level inventory menjadi lebih efisien,” jelasnya dalam riset. 

Baca Juga: Cuan Mitra Adiperkasa (MAPI) Mengalir Berkat Pembeli Tajir

Tak hanya optimalisasi MAPClub, Devi juga menyebut segmentasi pasar MAPI yang merupakan kelas menengah-atas cukup resilient di tengah kondisi saat ini. Hal ini dinilai bisa menjaga kinerja MAPI untuk sisa tahun ini. 

Adapun, pada kuartal I-2022 kemarin, MAPI memang sudah memperlihatkan catatan kinerja yang positif. Pendapatan tercatat tumbuh 30,6% secara year on year (yoy) menjadi Rp 5,6 triliun. Bahkan, laba bersihnya tumbuh hingga 10 kali lipat dari periode yang sama tahun sebelumnya menjadi Rp 512,8 miliar. 

“Akan tetapi, kami mencatat performa MAPI dapat dibatasi oleh persaingan gerai fashion yang cukup tinggi terutama dari e-commerce local, inflasi yang dapat menggerus kepercayaan konsumen, hingga xposure terhadap dolar AS yang cukup tinggi,” imbuh Devi.

Baca Juga: Ekonomi Semakin Membaik, Simak Rekomendasi Analis pada Saham Mitra Adiperkasa (MAPI)

Namun, dengan berbagai katalis tersebut serta brand portofolio MAPI yang kuat, Valbury Sekuritas masih mempertahankan rekomendasi beli untuk saham MAPI dengan target harga Rp 1.150 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×