kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,72   3,97   0.44%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja Indeks PEFINDO i-Grade 2022 Catatkan Return Dua Digit


Selasa, 20 Desember 2022 / 09:49 WIB
Kinerja Indeks PEFINDO i-Grade 2022 Catatkan Return Dua Digit
ILUSTRASI. Indeks PEFINDO i-Grade masih mampu mencatatkan kinerja yang impresif.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks PEFINDO i-Grade masih mampu mencatatkan kinerja yang impresif. Pencapaian indeks saham tersebut disaat pasar modal tengah dibayangi oleh tekanan suku bunga tinggi dan risiko geopolitik global.

Dalam keterangan resmi Pefindo yang diterima Kontan.co.id, Selasa (20/12), Indeks PEFINDO i-Grade berada pada level 214,98 atau mencatatkan return sebesar 21,45% secara year to date (ytd) hingga 30 November 2022.

Sementara kalau dihitung sampai Senin (19/12), menurut data Bursa Efek Indonesia, return PEFINDO i-Grade tercatat sebesar 16,23% year to date.

Persentase tersebut jauh melampaui performa IHSG yang membukukan pengembalian sebesar 7,52% per 30 November 2022 dan sebesar 3,01% per 19 Desember 2022. Kinerja indeks PEFINDO i-Grade ini merupakan yang terbaik ketiga jika dibandingkan dengan berbagai indeks saham lainnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

PEFINDO i-Grade merupakan indeks yang mengukur kinerja harga saham dari 30 perusahaan tercatat dengan peringkat investment grade (idBBB- hingga idAAA) dari PEFINDO. PEFINDO memilih konstituen indeks melalui sejumlah kriteria yang ketat.

Baca Juga: IHSG Dibuka Turun 0,26% Mengekor Bursa Asia, Selasa (20/12)

Adapun kriteria pertama dalam pemilihan konstituen yang digunakan adalah peringkat perusahaan, di mana perusahaan yang dipilih merupakan perusahaan yang menerbitkan saham sekaligus obligasi atau sukuk dan memperoleh peringkat investment grade dari PEFINDO (idBBB- hingga idAAA).

Kriteria kedua dalam memilih konstituen adalah memperhatikan aspek legal. Informasi terkait unusual market activity (UMA) dan suspensi selama 2 tahun terakhir menjadi perhatian dan dipastikan bahwa anggota yang dipilih utamanya merupakan emiten yang tidak memiliki catatan atas kedua informasi tersebut.

Aspek ketiga adalah kapitalisasi pasar yang menjadi indikasi bagi ukuran perusahaan. Keempat adalah aspek likuiditas, dimana pemilihan memperhatikan jumlah hari aktif perdagangan, rata-rata volume dan nilai transaksi, rata-rata frekuensi perdagangan per hari, dan proporsi saham yang free float pada perusahaan tersebut.

Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade saat ini terdiri dari 30 perusahaan dengan peringkat investasi mulai dari A- hingga AAA. Perinciannya, peringkat AAA mendominasi sekitar 35% dari total konstituen, diikuti oleh AA- (24%), dan AA (14%).

Manajemen Pefindo mengungkapkan, kinerja Indeks PEFINDO i-Grade yang solid didorong oleh kinerja saham sektor perbankan dan pertambangan yang positif karena memiliki eksposur yang cukup besar di kedua sektor. Saham di sektor perbankan mencakup 30% dari total konstituen, sementara sektor pertambangan menyumbang 13%.

Dengan kinerja double digit saham perbankan dan kinerja saham komoditas dan bahan baku yang kuat, PEFINDO iGrade menjadi salah satu yang terbaik di pasar saham dan mencatatkan kinerja yang outperformed jika dibandingkan dengan indeks lain yang terdaftar di BEI.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham BFIN, BIRD, ITMG, MDKA untuk Selasa (20/12)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×