kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja indeks obligasi Indonesia berpeluang membaik di tahun depan


Jumat, 07 Desember 2018 / 20:10 WIB
Kinerja indeks obligasi Indonesia berpeluang membaik di tahun depan
ILUSTRASI. Pasar Modal


Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren koreksi yang dialami oleh Indonesia Composite Bond Index (ICBI) dinilai akan segera berakhir. Indeks obligasi Indonesia tersebut bahkan berpeluang membaik kinerjanya ketika memasuki tahun 2019.

Sebagai catatan, hingga Jumat (7/12), ICBI berada di level 239,3396 atau turun 0,52% month to date (mtd) sejak akhir bulan lalu. Padahal, ICBI pernah mencapai level 241,0205 pada 3 Desember lalu yang merupakan level tertinggi sejak Juni tahun ini.

Analis Fixed Income MNC Sekuritas, I Made Adi Saputra menyatakan, tren koreksi ICBI tidak akan berlangsung lama mengingat akhir tahun merupakan periode window dressing. Aksi demikian diyakini bisa mendorong kenaikan harga SUN di pasar sekunder sehingga kinerja ICBI juga akan membaik.

Ia juga percaya, besar kemungkinan ICBI akan kembali mengalami rally saat awal tahun depan. Selain ditopang oleh berkurangnya sentimen negatif dari luar negeri, permintaan terhadap SUN juga meningkat di awal tahun nanti. “Peningkatan ini didorong oleh strategi front loading yang dijalankan pemerintah sehingga membuat pasokan SUN melimpah di paruh pertama 2019,” ujar Made, Jumat (7/12).

Sementara menurut Anil Kumar, Fixed Income Fund Manager Ashmore Asset Management, di luar isu kelanjutan perang dagang, Indonesia sebenarnya tengah diuntungkan oleh pernyataan dovish Federal Reserves terkait kemungkinan berkurangnya frekuensi kenaikan suku bunga acuan AS di tahun depan.

Jika pernyataan tersebut benar-benar direalisasikan, tekanan yang menerpa pasar obligasi Indonesia sepanjang tahun depan berpotensi mereda. Bahkan, jika The Fed menghentikan kebijakan kenaikan suku bunga acuan AS, ini bisa menjadi kesempatan bagi BI untuk mulai menurunkan kembali suku bunga acuannya. Paling tidak di kuartal IV tahun depan.

“Penurunan suku bunga acuan bisa memicu kenaikan harga SUN sehingga kondisi pasar obligasi Indonesia secara keseluruhan membaik,” pungkas Anil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×