kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 -1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja emiten telko didukung layanan data


Jumat, 03 November 2017 / 09:31 WIB
Kinerja emiten telko didukung layanan data


Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah emiten telekomunikasi mencatatkan kinerja positif di kuartal III-2017. Dukungan layanan data lagi-lagi berkontribusi besar terhadap pendapatan emiten telekomunikasi.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) misalnya mencetak laba bersih Rp 17,92 triliun, naik 21,65% dibanding dengan periode yang sama tahun lalu. Pendapatan naik 13% year-on-year (yoy) menjadi sebesar Rp 97 triliun.

PT XL Axiata Tbk (EXCL) juga mencetak kenaikan pendapatan 5% menjadi Rp 16,9 triliun. Manajemen EXCL menyebutkan, layanan data menjadi penyumbang terbesar. "Sebesar 70% pendapatan berasal dari data," ujar Dian Siswarini, Presiden Direktur EXCL, Kamis (2/11).

Dian bilang EXCL akan terus menaikkan kontribusi data. EXCL menargetkan, dalam dua hingga tiga tahun ke depan, sebesar 90% pendapatan EXCL akan disumbangkan layanan data.

EXCL menyiapkan berbagai ekspansi ke Luar Jawa lantaran pendapatan di Luar Jawa naik signifikan. Saat ini, EXCL memakai 55% belanja modal untuk ekspansi di Jawa. Ke depan, 60% dana EXCL akan digunakan untuk ekspansi di pasar luar Jawa.

Analis Mirae Asset Sekuritas, Giovanni Dustin menyebutkan, industri telekomunikasi Tanah Air tengah menghadapi peralihan sumber pendapatan, dari layanan telekomunikasi konvensional seperti telepon (voice) dan pesan singkat (SMS), ke layanan data. Di sisi ini, ISAT dan EXCL harus mengejar penetrasi di Luar Jawa untuk menghadapi dominasi TLKM.

Dia menilai, memang sulit menyamai kualitas TLKM yang memiliki first-mover advantage. "Dengan naiknya investasi operator lain di Luar Jawa, bisa membantu mengurangi gap dengan TLKM. Operator lain bisa berkompetisi dengan menawarkan harga lebih murah," kata Giovanni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×