kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,65   -5,64   -0.62%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja emiten ritel diprediksi kembali normal


Kamis, 28 Juni 2018 / 08:07 WIB
Kinerja emiten ritel diprediksi kembali normal
ILUSTRASI. Suplai barang ritel


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis emiten sektor ritel melesat sepanjang Ramadan lalu. Namun menyusul berakhirnya bulan puasa, kinerja emiten ritel diprediksi akan kembali netral. "Traffic kunjungan toko kami prediksi turun Juni ini," ujar Christine Natsya, analis Mirae Asset Sekuritas, Rabu (27/6).

Dasar pertimbangan dia, waktu libur pada Juni 2018 jauh lebih panjang. Di Juni tahun ini terdapat sebelas hingga dua belas hari libur. Belum lagi sebagian karyawan atau bahkan pengusaha bisa menambah waktu libur dengan cuti hingga 27 Juni.

Waktu libur yang panjang itu kebanyakan dimanfaatkan untuk bepergian ke luar negeri. "Sehingga kami prediksi traffic toko akan turun secara tahunan," imbuh Christine.

Christine belum menghitung rinci berapa besaran penurunan tersebut. Yang terang, penurunan itu masih bisa dikompensasi oleh positifnya kinerja di bulan Mei.

Tengok PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS). Emiten ini menargetkan penjualan Mei tahun ini Rp 843,4 miliar. Tapi, realisasinya ternyata mencapai Rp 1,04 triliun.

Setyadi Surya, Sekretaris Perusahaan RALS, sebelumnya mengatakan, untuk bulan Juni, target pendapatannya Rp 2,07 triliun. "Juni belum selesai, tapi diperkirakan kalau mencapai target, maka pertumbuhan pendapatan konsolidasi semester I tahun ini diatas 3,5%," imbuh dia.

Sedang untuk PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), Christine menghitung rata-rata pertumbuhan penjualan per toko atau same sales store growth (SSSG) ACES mendekati 14%. "Hasil tersebut tercapai di tengah kondisi rupiah yang  melemah," imbuh dia.

Di paruh kedua tahun ini, analis memprediksi kinerja emiten ritel bakal makin positif, didukung oleh dua faktor. Pertama, kampanye pilpres 2019 bakal mulai bergulir di semester dua. Kedua, sentimen Asian Games.

Christine masih menjagokan saham RALS dan ACES. Dia merekomendasikan trading buy keduanya dengan target harga masing-masing Rp 1.615 dan Rp 1.540 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×