kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kinerja emiten & penguatan yen jegal bursa Jepang


Kamis, 12 Mei 2016 / 07:57 WIB
Kinerja emiten & penguatan yen jegal bursa Jepang

Sumber: Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

TOKYO. Bursa Jepang dibuka tertekan pada transaksi pagi ini (12/5). Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 09.09 waktu Tokyo, indeks Topix tergerus 0,9% menjadi 1.321,80.

Penurunan juga terjadi pada indeks Nikkei 225 Stock Average sebesar 1% menjadi 16.413,86.

Aksi jual yang melanda bursa Jepang akibat penguatan yen dan kinerja emiten yang mengecewakan investor. Sekadar informasi, pagi ini, yen diperdagangkan di level 108,34 per dollar AS setelah menguat 0,8% pada Rabu kemarin.

Adapun sejumlah emiten yang baru saja merilis kinerja yang mengecewakan antara lain Toyota Motor Corp dan Bridgsetone Corp. Dalam pernyataannya, Toyota memprediksi penurunan 35% pada laba bersihnya menjadi 1,5 triliun yen (13,8 miliar) pada tahun fiskal ini. Lebih buruk dari estimasi analis yang meramal laba bersih sebesar 2,19 miliar yen.

Sedangkan saham Bridgestone anjlok 5,3% setelah membukukan 21% laba bersih pada kuartal pertama.

"Mengingat kinerja yang mengecewakan, investor tidak nyaman membeli saham-saham Jepang. Kinerja Toyota sekali lagi mengonfirmasi dampak dari penguatan yen terhadap kinerja perusahaan. Pasar akan menjadi lebih sensitif dengan pergerakan mata uang saat ini," jelas Mitsushige Akino, analis Ichiyoshi Asset Management Co.

Selain itu, adanya rencana Nissan Motor Co untuk mengakuisisi sebagian saham Mitsubishi menggerus saham Nissan. Pagi ini, saham Nissan melorot 2,1%. Sedangkan saham Mitsubishi tidak diperdagangkan.

 

 




TERBARU

Close [X]
×