kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja Astra Graphia (ASGR) turut ditopang oleh tiga layanan digital ini


Selasa, 07 September 2021 / 08:00 WIB
Kinerja Astra Graphia (ASGR) turut ditopang oleh tiga layanan digital ini


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Graphia Tbk atau Astragraphia (ASGR) melalui bisnis inti Solusi Dokumen menawarkan tiga solusi digital bernama iCare, iSense, dan Online Support Assistance (OSA) untuk seluruh pelanggannya di Indonesia.

Emiten Group Astra di lingkup bisnis printing dan digital services ini menjadikan aplikasi iCare, iSense dan OSA sebagai bagian dari upaya inovasi dan adaptasi dalam meningkatkan kualitas layanan di masa pandemi covid-19.

Direktur Astra Graphia, King Iriawan Sutanto menyampaikan, ketiga aplikasi tersebut diproyeksikan sebagai solusi digital untuk mempercepat penyampaian permintaan layanan dan eskalasi penyelesaian masalah. Ketiga aplikasi ini juga untuk mempermudah proses administrasi, pengecekan status mesin, dan penyajian informasi atau panduan lengkap seputar produk yang dibutuhkan oleh pelanggan Astragraphia.

"Hadirnya iCare, iSense, dan OSA menjadi strategi perusahaan untuk menjaga kepercayaan pelanggan melalui pemanfaatan automation technology seperti otomatisasi proses robotik dengan solusi database yang lengkap dan terintegrasi," ungkap King dalam media briefing yang digelar secara virtual, Senin (6/9).

Chief of Customer Service & Support Astra Graphia, Soebandi menjelaskan bahwa iCare, iSense, dan OSA diproyeksikan sebagai layanan yang dapat diakses dengan cepat oleh pelanggan. Kapan pun dan di mana pun dengan fungsi yang berbeda-beda.

Baca Juga: Ini strategi Astra Graphia (ASGR) capai kinerja terbaik hingga akhir tahun

Adapun, iCare merupakan aplikasi mobile untuk pelanggan menyampaikan permintaan layanan dengan lebih cepat. Sedangkan iSense adalah aplikasi disajikan dengan dashboard yang membantu mencatat status mesin, bahan pakai, dan meter mesin (penggunaan klik/cetak) secara otomatis.

Sementara itu, OSA ditujukan guna memampukan pelanggan untuk mendapatkan informasi dan panduan seputar produk secara lengkap melalui situs web yang dapat diakses secara mandiri 24 jam setiap hari.

"iCare, iSense, dan OSA adalah inovasi yang Astragraphia hadirkan di masa pandemi Covid-19 untuk memberikan nilai tambah terhadap kualitas layanan perusahaan untuk pelanggan serta mendukung langkah efisiensi perusahaan," ungkap Soebandi.

Menurut dia, inovasi aplikasi digital ini sebenarnya sudah dirancang sebelum pandemi. Namun, berbagai pembatasan mobilitas masyarakat seperti PSBB dan PPKM, serta meningkatnya tren pekerjaan jarak jauh berbasis online telah mengakselerasi inovasi digital yang dikerjakan Astragraphia.

 

"Pandemi ini memang sangat menantang. Tapi kami tetap komitmen melayanani pelanggan dengan kualitas yang tidak berubah, serta tetap memperhatikan keselamatan karyawan dan pelanggan," imbuh Soebandi.

Dalam kesempatan yang sama, Customer Contact Center & Solution Color Support Dept. Head Astra Graphia, Iskandar Liemena mengungkapkan, Astragraphia sudah memproses lebih dari 2.000 permintaan layanan per bulan terkait perbaikan mesin maupun permintaan bahan pakai melalui aplikasi iCare. Per Agustus 2021, iSense juga sudah diaplikasikan di mesin-mesin pelanggan di 32 cabang Astragraphia di Indonesia.

Sedangkan untuk OSA, Service Planning & Project Management Office Dept. Head Astra Graphia Okky Chandra menyampaikan, OSA sudah diakses oleh seluruh pelanggan di Indonesia dengan ratarata 8.000 sesi per bulan. 

Selama masa pandemi Covid-19 yang membatasi interaksi fisik, iCare, iSense, dan OSA dinilai mampu meminimalisir interaksi fisik serta mempercepat proses administrasi pemberian layanan kepada pelanggan. "Contohnya iCare yang mampu memotong proses tunggu pelanggan hingga 81,25% dalam menyampaikan permintaan layanan dibandingkan jika melakukan panggilan telepon ke Call Center," pungkas Okky.

Selanjutnya: Semester I-2021, pendapatan Astra Graphia (ASGR) turun 13,79%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×