kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kimia Farma (KAEF) ekspor produk kosmetik ke Arab Saudi mulai tahun ini


Minggu, 25 Agustus 2019 / 17:40 WIB
Kimia Farma (KAEF) ekspor produk kosmetik ke Arab Saudi mulai tahun ini
ILUSTRASI. Kimia Farma


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk pertama kalinya, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) akan mengekspor produk kosmetik ke Arab Saudi mulai tahun ini. Direktur Pengembangan Bisnis PT Kimia Farma Tbk Andi Prazos mengatakan, ada 29 jenis produk yang akan diekspor ke negara tersebut.

Mayoritas produk kosmetik yang diekspor adalah bedak, baik yang berbentuk tabur maupun padat dengan merek dagang Marcks’ Venus. Di samping itu, ada juga sabun pencuci wajah (facial wash) dan lotion untuk tangan dan tubuh (hand and body lotion). 

Andi mengatakan, produk-produk tersebut akan dipasarkan melalui retail KAEF di Arab Saudi bernama Kimia Farma Dawaa yang saat ini jumlahnya mencapai 29 toko. “Ada tiga yang sedang dibangun. InsyaAllah target tahun ini jadi 35 toko. Kami juga akan pasarkan di retail-retail lain di Arab Saudi,” kata Andi saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (23/8).

Baca Juga: Kimia Farma (KAEF) optimistis pertumbuhan penjualan tahun ini capai 20%

Menurut Andi, perusahaannya memutuskan untuk mengekspor produk kosmetik KAEF ke Arab Saudi karena melihat peluang pasar, terutama dari adanya peserta umroh dan haji dari Indonesia. 

“Sama-sama kita ketahui bahwa tiap bulan bahkan mungkin tiap hari ada jamaah umroh dari Indonesia,” ucap dia. 

Oleh karena itu, KAEF telah menyiapkan rencana penjualan dan pemasaran demi memperkenalkan produk-produk kosmetiknya di Arab Saudi.

Asal tahu saja, Arab Saudi menjadi kontributor pendapatan ekspor terbesar ketiga untuk KAEF pada tahun ini. Berada di bawah Nigeria dan Yaman.  Sebagai gambaran, per 2018, penjualan ekspor menyumbang 3,73% terhadap total penjualan bersih KAEF yang mencapai Rp 7,45 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×