kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ketidakpastian di pasar mereda, GBP/JPY menguat


Kamis, 16 Januari 2020 / 19:58 WIB
Ketidakpastian di pasar mereda, GBP/JPY menguat
ILUSTRASI. Pada Kamis (16/1) pukul 19.54 WIB, pasangan mata uang GBP/JPY menguat 0,25% ke 143,65.

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meredanya ketegangan geopolitik Iran dan Amerika Serikat (AS) dan penandatanganan fase pertama perjanjian dagang China-AS membuat ketidakpastian di pasar menghilang. Pelaku pasar kembali beralih ke aset berisiko dan dampaknya mata uang yen kembali melemah.

Pada Kamis (16/1) pukul 19.54 WIB, pasangan mata uang GBP/JPY menguat 0,25% ke 143,65 yang menunjukkan penguatan poundsterling terhadap yen. Analis PT Monex Investindo Futures Ahmad Yudiawan menyebut, penguatan poundsterling tidak terlepas dari kondisi yen yang tengah melemah.

“Kan sekarang kondisi pasar cenderung aman, terlebih setelah China-AS menandatangani fase pertama sehingga pelaku pasar menjual yen dan membuatnya melemah. Padahal kondisi poundsterling sebenarnya tidak terlalu positif,” kata Yudi kepada Kontan.co.id, Kamis (16/1).

Baca Juga: Jepang catat rekor pertumbuhan pesanan mesin pada November, tanda ekonomi menggeliat?

Yudi menuturkan, ekonomi Inggris tidak menunjukkan tanda-tanda membaik. Terbaru, ekonomi Inggris justru terlihat dovish setelah rilis data inflasi. Tingkat inflasi Inggris berada di level terendah dalam tiga tahun terakhir.

“Jadi kondisinya sebenarnya naik-turun antara kedua mata uang ini. Jadi untuk investor lebih baik tunggu mata uang ini memberikan jalur yang jelas agar pengambilan keputusan beli atau jual bisa lebih nyaman dan aman,” tambah Yudi.

Baca Juga: Rupiah mencapai level terkuat sejak Februari 2018, ini prediksi esok

Untuk itu, Yudi merekomendasikan untuk wait and see GBP/JPY pada perdagangan Jumat (17/1). Adapun untuk level resistance diperkirakan berada di 144,00 sementara level support ada di 142,50.

Dari segi teknikal, MACD dan RSI masing-masing berada di 0,3207 dan 56,04. Ini menunjukkan sentimen positif masih akan terjadi untuk pasangan GBP/JPY pada esok hari.




TERBARU

Close [X]
×