kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Kembangkan Bisnis Infrastruktur, Telkom (TLKM) akan Bangun 15 Micro Data Center


Selasa, 08 November 2022 / 13:08 WIB
Kembangkan Bisnis Infrastruktur, Telkom (TLKM) akan Bangun 15 Micro Data Center
ILUSTRASI. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) masih akan membesarkan bisnis infrastruktur, salah satunya data center.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) masih akan membesarkan bisnis infrastruktur, salah satunya dengan mengembangan data center. 

Yang ternyar, Telkom telah merampungkan Hyperscale Data Center tingkat tiga dan empat di Cikarang. Adapun data center itu memiliki kapasitas IT Load awal 1,75 Megawatt (MW). 

Direktur Digital Bisnis Telkom Muhamad Fajrin Rasyid menyebutkan dari lini infrastruktur dalam beberapa tahun terakhir TLKM tengah pengembangkan data center.

"Kita berharap bisa membuat beberapa micro data center di lebih dari 15 kota di Indonesia," kata Fajrin dalam acara Ngobrol Pagi Seputar BUMN, Selasa (8/11). 

Baca Juga: Telkom Jalin Kemitraan dengan PT Pengelola Pasar Induk Caringin

Direktur Telkom Muhamad Fajrin Rasyid

Menurutnya pengembangan data center ini sangat penting di untuk negara yang besar seperti Indonesia sehingga butuh banyak data. Dia mencontohkan kalau ada pengguna di Indonesia bagian Timur akan baik kalau TLKM punya data center di sana. 

Hingga saat ini, TLKM memiliki 28 data center baik di dalam maupun luar negeri. Data center domestik milik TLKM terdiri dari 19 neuCentrix data center, 3 Tier-3 dan 4 data center, dan 1 Hyperscale data center di Cikarang.

Beberapa waktu lagi tersebar kabar bahwa emiten pelat merah ini telah mengkaji rencana untuk penawaran umum perdana pada usahanya di bidang data center, yakni PT Telkom Data Ekosistem (TDE). 

Fajrin menilai bisnis data center merupakan salah satu lini bisnis yang potensial di masa mendatang, sehingga TLKM akan berupaya mengembangkan. Namun ia masih belum bisa berkomentar. 

Baca Juga: Laba Telkom (TLKM) dan Indosat (ISAT) Turun Saat Pendapatan Naik, Mana yang Menarik?

"Terkait dengan data center bisnis yang berpotensi ke depan kami mempertimbangkan beberapa skenario untuk itu," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Complete Three Statement Modeling Financial Statement Analysis

[X]
×