kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jasa Marga menyiapkan empat proyek baru tahun ini


Senin, 11 Februari 2019 / 21:11 WIB
Jasa Marga menyiapkan empat proyek baru tahun ini

Reporter: Auriga Agustina | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) berencana menyiapkan empat proyek tol baru di wilayah pulau Jawa pada tahun ini.

Tol tersebut akan dibangun di Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 184,05 km, akses Patimban 37,7 km, Ciranjang-Padalarang 27,8 km, dan Semarang-Demak 37,7 km.


Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priohutomo mengatakan total investasi untuk akses Patimban Rp 6,1 triliun, Ciranjang-Padalarang Rp 6,2 triliun dan untuk Tasikmalaya - Cilacap total Investasinya paling besar bisa mencapai Rp 53,5 triliun.

"Ini memang besar totalnya karena masuk terowongan, kalau bisa sih kami cari cara untuk tidak masuk terowongan. Di Tasikmalaya kami bagi dua tahap. Untuk tahap I saja nilai konstruksinya Rp 30,2 triliun untuk totalnya bisa mencapai Rp 53,5 triliun sampai Cilacap," kata Adrian di Jakarta, Senin (11/2).

Selanjutnya dia menambahkan untuk tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, saat ini tengah dalam proses persetujuan dari Menteri PUPR. Adapun ruas tol lainnya yang masih dalam pembahasan dengan PUPR yakni akses tol Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat. "Kami mulai masuk ke selatan, karena di utara sudah tersambung oleh tol Trans Jawa," tambah Adrian.

Sementara itu, pada tol Ciranjang-Padalarang yang menghubungkan Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung merupakan terusan dari ruas lanjutan dari Tol Cikampek-Padalarang. Saat ini, proyek tersebut masih dalam bentuk penyusunan detail engineering design.

"Kami dapat penugasan dari pemerintah untuk proyek tol Ciranjang-Padalarang, kalau untuk proyek jalan tol Semarang - Demak saat ini tengah dalam proses tender," kata dia.

Sebagai informasi, JSMR akan mengoperasikan tol baru dengan panjang 244 km pada tahun  ini. Dengan tol baru yang beroperasi tahun 2018 silam, maka panjang tol baru Jasa Marga sekitar 600 km.

Tol yang akan beroperasi di tahun ini adalah Jakarta-Cikampek Elevated dengan panjang 36,4 km. Selanjutnya, tol Gempol-Pandaan sepanjang 1,6 km, Pandaan-Malang 37,62 km, serta Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi Sei Rampah-Tebing Tinggi dengan panjang 9,2 km, dan terakhir tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,3 km dan Manado-Bitung Seksi 1A-B dan 2A.

"JORR II dari Cinere, Serpong, Kunciran sampai Cengkareng. JORR II sisi barat itu kami harapkan tahun ini selesai, sehingga total 244 km jalan tol akan dioperasikan tahun ini," kata Adrian.




TERBARU

Close [X]
×