kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Marga (JSMR) Terbitkan Obligasi Rp 932,35 Miliar Untuk Modal Kerja


Kamis, 27 Juni 2024 / 11:35 WIB
Jasa Marga (JSMR) Terbitkan Obligasi Rp 932,35 Miliar Untuk Modal Kerja
ILUSTRASI. Suasana Gerbang Tol Benoa pada jalan tol Bali Mandara yang dioperasikan Jasa Marga.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) akan menerbitkan dan menawarkan Obligasi Berkelanjutan III Tahap I Tahun 2024 dengan jumlah pokok obligasi sebesar Rp 932,35 miliar. Penerbitan obligasi ini merupakan bagian dari penawaran umum berkelanjutan obligasi berkelanjutan III dengan total target dana terhimpun senilai Rp 4 triliun.

Merujuk prospektus ringkas yang terbit di Harian Kontan edisi Kamis (27/6), Obligasi Berkelanjutan III Jasa Marga Tahap I 2024 ini diterbitkan tanpa warkat, ditawarkan dengan nilai 100% dalam tiga seri. 

Seri A: Jumlah pokok obligasi Seri A sebesar Rp 90,15 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 6,90% per tahun, yang berjangka waktu tiga tahun sejak tanggal emisi.

Seri B: Jumlah pokok obligasi Seri B sebesar Rp 241,05 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 7% per tahun, yang berjangka waktu lima tahun sejak tanggal emisi.

Seri C: Jumlah pokok obligasi Seri C sebesar Rp 601,14 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 7,20% per tahun, yang berjangka waktu 10 tahun sejak tanggal emisi.

Baca Juga: Divestasi Tol Transjawa, Simak Rekomendasi Saham Jasa Marga (JSMR)

Bunga obligasi dibayarkan setiap triwulan, dimana bunga obligasi pertama akan dibayarkan pada 5 Oktober 2024. Sedangkan bunga obligasi terakhir sekaligus pelunasan obligasi akan dibayarkan pada 5 Juli 2027 untuk Obligasi Seri A, 5 Juli 2029 untuk Obligasi Seri B, dan 5 Juli 2034 untuk Obligasi Seri C.

Pelunasan masing-masing seri obligasi akan dilakukan secara penuh (bullet payment) pada saat jatuh tempo. Soal rencana penggunaan dana, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, seluruh dana yang diperoleh dari penawaran umum obligasi ini akan digunakan seluruhnya oleh JSMR untuk modal kerja.

Modal kerja tersebut berupa pemeliharaan jalan tol dan pengoperasian jalan tol. Dengan rincian sebesar 70% dari dana tersebut akan dipakai untuk pengoperasian jalan tol dan sisanya sebanyak 30% akan digunakan untuk pemeliharaan jalan tol.

Baca Juga: Banyak Tanggal Merah, Prospek Kinerja JSMR Masih Cerah

Rencana modal kerja untuk pengoperasian jalan tol termasuk pada pelayanan transaksi jalan tol, pelayanan lalu lintas jalan tol, dan pemeliharaan rutin fasilitas sarana transaksi, gedung kantor gerbang tol maupun bangunan pelengkap jalan tol. Sedangkan untuk pemeliharaan jalan tol termasuk pada overlay jalan tol, pemeliharaan rutin jalan tol, pemeliharaan sarana pelengkap jalan tol, penelitian jembatan dan perkerasan.

Ruas jalan tol yang menjadi tujuan dalam penggunaan modal kerja tersebut adalah ruas jalan tol yang dimiliki oleh JSMR dan berada di wilayah Regional Metropolitan yang mencakup area Jabodetabek dan Bandung.

Dalam penawaran umum obligasi ini JSMR menunjuk PT BRI Danareksa Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi. Sedangkan bertindak sebagai wali amanat adalah PT Bank Mega Tbk. 

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) Geser Jadwal Divestasi Tol Transjawa

Berikut jadwal penawaran umum berkelanjutan obligasi berkelanjutan III Jasa Marga tahap I tahun 2024:

  • Tanggal efektif: 26 Juni 2024
  • Masa penawaran umum: 28 Juni - 2 Juli 2024
  • Penjatahan: 3 Juli 2024
  • Pengembalian uang pemesanan (jika ada): 5 Juli 2024
  • Distribusi obligasi secara elektronik: 5 Juli 2024
  • Pencatatan pada Bursa Efek Indonesia: 8 Juli 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×