kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45993,30   0,61   0.06%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Marga (JSMR) Berencana Jual Sebagian Saham Jasamarga Transjawa Tol


Rabu, 15 Februari 2023 / 11:04 WIB
Jasa Marga (JSMR) Berencana Jual Sebagian Saham Jasamarga Transjawa Tol
ILUSTRASI. PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) selaku pengelola Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jasa Marga (JSMR) Berencana Jual Sebagian Saham Jasamarga Transjawa Tol.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) berencana melepas sebagian kepemilikan sahamnya di entitas usaha yakni PT Jasamarga Transjawa Tol dengan skema private placement untuk mendatangkan investor strategis.

Mengacu Bloomberg, Selasa (15/2), Jasa Marga akan memperoleh sekitar US$ 300 juta. Jika mengacu kurs di Rp 15.168 per dolar Amerika Serikat (AS), nilai transaksinya mencapai Rp 4,55 triliun. 

"Perusahaan yang terdaftar di Jakarta itu dapat memperoleh sekitar US$ 300 juta dalam penjualan saham di PT Jasamarga Transjawa Tol," jelas sumber Bloomberg yang tak ingin disebutkan namanya.

Baca Juga: Erick Thohir: Laba Konsolidasi BUMN Tahun Lalu Diperkirakan Tembus Rp 303,7 Triliun

Saat dikonfirmasi Bloomberg, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan telah menunjuk BNI Sekuritas untuk mengurus pelepasan saham perusahaan yang mengoperasikan Jalan Tol Trans Jawa ini. 

Secara terpisah, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo membenarkan Jasa Marga akan mengadakan private placement untuk mencari investor strategis.

Sebelumnya, Jasa Marga telah melakukan pemisahan (spin-off) dan pengalihan kepemilikan sahamnya atas ruas jalan tol sepanjang Trans Jawa pada anak usahanya PT Jasamarga Transjawa Tol.

 

Adapun spin off ini dilakukan karena beberapa tujuan. Pertama mengimplementasikan strategi financing dan asset recycling untuk mendukung kelangsungan bisnis Jasa Marga.

Baca Juga: Izin Bank Bagong Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Uang Nasabah?

Kedua, transaksi untuk mendukung pengembangan Perseroan di masa yang akan datang melalui skema equity fundraising dengan tetap menjaga solvabilitas dengan pertumbuhan CAGR 9,2%.

Ketiga mempertajam dan mengoptimalkan strategi bisnis Perseroan dalam pengelolaan aset-asetnya, maka pembagian peran strategis Perseroan meliputi asset owner, asset manager dan asset provider. 

Keempat, pemisahan ini menjadi katalis dan parameter bagi pemanfaatan aset aset perseroan lainnya serta akan menjadi parameter dan tolak ukur bagi implementasi pengembangan strategi perusahaan di masa yang akan datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×