kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,04   -4,47   -0.44%
  • EMAS942.000 1,07%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

J Resources Asia Pasifik (PSAB) Menjual Seluruh Saham Gorontalo Sejahtera Mining


Minggu, 02 Januari 2022 / 13:45 WIB
J Resources Asia Pasifik (PSAB) Menjual Seluruh Saham Gorontalo Sejahtera Mining
ILUSTRASI. J Resources Asia Pasifik (PSAB) Menjual Seluruh Saham Gorontalo Sejahtera Mining


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) menjual seluruh saham milik anak perusahaannya, yakni PT J Resources Nusantara dalam PT Gorontalo Sejahtera Mining J Resources menjual seluruh saham Gorontalo Sejahtera Mining kepada PT Andalan Bersama Investama dengan total nilai transaksi sebesar Rp 2,13 triliun atau setara US$ 150 juta.

PSAB melepas 751,94 juta saham biasa masing-masing dengan nilai nominal sebesar Rp 2.167, yang diterbitkan oleh Gorontalo Sejahtera Mining, yang merupakan 99,999% dari modal disetor dan ditempatkan. Penjualan ini merupakan transaksi material berdasarkan Pasal 3 POJK 17/2020 karena total nilai penjualan mencerminkan 40,12% dari nilai ekuitas PSAB.

Dalam keterangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 31 Desember 2021, manajemen PSAB menyebut pelepasan saham milik PT J Resources Nusantara di Gorontalo Sejahtera Mining dengan mempertimbangkan maksud PSAB untuk mengembangkan aset pertambangan emas lainnya yang dimiliki oleh PSAB.

Baca Juga: Arbitrase Merdeka Copper (MDKA) & J Resources Asia Pasifik (PSAB) Sepakati Perdamaian

Dengan transaksi penjualan tersebut, PSAB berharap dapat meningkatkan likuiditas yang dapat digunakan untuk mendukung modal kerja dan/atau anak-anak perusahaan. Transaksi ini juga dapat mengurangi beban pinjaman, serta pembangunan dan pengembangan aset-aset pertambangan emas lainnya milik PSAB. 

PSAB berharap penjualan saham ini dapat meningkatkan kinerja operasional dan keuangan konsolidasian pada masa yang akan datang, dengan potensi peningkatan pendapatan dan potensi penurunan beban keuangan. Pada akhirnya, diharapkan dapat meningkatkan kinerja keuangan konsolidasian dan memberikan kontribusi positif bagi seluruh pemegang saham PSAB.

 

 

PT Andalan Bersama Investama merupakan afiliasi dari salah satu pengendali PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), yaitu PT Provident Capital Indonesia. Provident Capital Indonesia memiliki kepemilikan saham secara tidak langsung di MDKA melalui PT Mitra Daya Mustika dan PT Suwarna Arta Mandiri.

Emiten tambang emas dan tembaga ini tercatat melakukan pengambilalihan saham Andalan Bersama Investama senilai Rp 1,14 triliun pada 28 Desember 2021. 

Baca Juga: PSAB Menargetkan Tambang Emas Doup Berproduksi Tahun 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×