kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ITMG LPPF SMAR SMSM PNGO akan bayar dividen interim, mana saham yang bagus dibeli?


Kamis, 04 November 2021 / 06:45 WIB
ITMG LPPF SMAR SMSM PNGO akan bayar dividen interim, mana saham yang bagus dibeli?


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Musim pembayaran dividen interim untuk pemegang saham dimulai. Ada lima emiten yang akan membayar dividen interim dengan jadwal cum date pekan depan. Lalu, dari emiten yang membayar dividen tersebut, saham apa saja yang bagus dibeli?

Dengan membeli saham yang akan membayar dividen interim, investor berpotensi mendapat keuntungan ganda. Keuntungan tersebut adalah dividen dan potensi kenaikan harga saham. Namun, menurut rekomendasi analis, hanya saham tertentu yang bagus dibeli. 

Pembayaran dividen interin antara lain dilakukan oleh PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR), PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) dan PT Pinago Utama Tbk (PNGO).

Pemegang saham ITMG akan mendapat dividen interim Rp 1.218 per saham. Pemegang saham LPPF mendapat dividen interim Rp 100 per saham.

Pemegang saham SMAR akan mendapat dividen interim Rp 185. Pemegang saham SMSM akan mendapat dividen interim Rp 20 per saham. Pemegang saham PNGO akan mendapat dividen interim Rp 50 per saham.

Pada perdagangan Rabu (3/11), harga saham ITMG ditutup di level Rp 22.300 per saham. Harga saham LPPF Rp 3.400. Harga saham SMAR di level Rp 4.870. Harga saham SMSM di level Rp 1.540. Harga saham PNGO Rp 1.715 per saham. 

Di level harga tersebut, ITMG menawarkan yield dividen 5,46%. Sedangkan yield dividen saham LPPF 2, 94%, SMAR 3,79%, SMSM 1, 29%, dan PNGO 2,91%.

Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Sukarno Alatas mengatakan, jika investor memang hanya ingin memburu dividennya, maka saham yang memiliki yield dividen 3%-5% menarik untuk dilirik. Akan tetapi, investor perlu mewaspadai harga saham yang biasanya berisiko turun sebesar yield dividen setelah ex date.

Baca Juga: Dana pembayaran dividen interim saham ITMG mencapai Rp 1,33 triliun, ini jadwalnya

Di sisi lain, jika investor ingin mengincar dividennya dan berinvestasi jangka panjang, maka saham ITMG dan SMSM bisa menjadi pilihan. Selain memperlihatkan kinerja keuangan yang bagus, kedua emiten ini stabil membagikan dividen setiap tahun.

Sementara itu, untuk tujuan trading jangka pendek hingga menengah, saham LPPF menarik untuk dicermati. "Selain kinerja terakhirnya bagus, tren harganya sendiri sedang dalam uptrend," kata Sukarno saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (3/11).

Analis Panin Sekuritas William Hartanto juga rekomendasi saham ITMG paling menarik karena menawarkan yield dividen hingga 5,46% pada harga saat ini. 

Menurut dia, secara historikal, saham ITMG juga cocok untuk investasi jangka panjang karena harga sahamnya pernah berada di level yang lebih tinggi dari posisi saat ini.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×