CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 -0,70%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Investor Asing Catat Net Sell Jumbo dalam Sepekan, Apa Kata Analis?


Sabtu, 21 Mei 2022 / 17:32 WIB
Investor Asing Catat Net Sell Jumbo dalam Sepekan, Apa Kata Analis?
ILUSTRASI. Investor Asing Catat Net Sell Jumbo dalam Sepekan, Apa Kata Analis?


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Investor asing mencatatkan beli bersih (net buy) sebesar Rp 232,31 miliar di seluruh pasar pada Jumat (20/5). Meski demikian, jika dilihat dalam jangka waktu sepekan investor asing sudah mencatatkan net sell sebesar Rp 2,44 triliun di seluruh pasar.

Beberapa saham yang banyak dilepas asing merupakan saham big cap.

Adapun saham yang banyak dijual investor asing ada saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dengan nilai Rp 632,6 miliar dalam sepekan. Kemudian ada PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dengan nilai jual bersih Rp 438,4 miliar dalam seminggu terakhir, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dengan nilai Rp 290,9 miliar, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dengan nilai Rp 269,2 miliar.

Selain itu, ada juga saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) dengan nilai jual bersih sebesar 215,9 miliar dalam sepekan, saham PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk (INTP) dengan nilai Rp 208,4 miliar, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dengan nilai Rp 189,1 miliar, PT Allo Bank Indonesia TBk (BBHI) dengan nilai jual bersih Rp 178,6 miliar, saham PT Bank Jago Tbk (ARTO) dengan nilai Rp 169,7 miliar, dan PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) dengan nilai Rp 157,8 miliar dalam sepekan.

Baca Juga: IHSG Menguat Dalam Sepekan, Kapitalisasi BEI Mengembang 3,23%

Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Abdul Azis mengatakan, penjualan saham-saham tersebut oleh investor asing karena memiliki bobot yang cukup besar pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Terlebih saat terjadi kenaikan pada IHSG, investor asing terus mencatatkan net buy pada saham-saham big caps.

"Maka dari itu, ketika terjadi penurunan pada indeks, saham-saham big caps cenderung dijual oleh asing, terlebih saham-saham tersebut sudah naik signifikan," ujarnya pada Kontan, Jumat (20/5).

 

 

Azis memandang, prospek saham-saham yang dilepas investor asing masih cukup menarik. Apalagi saham-saham dari sektor perbankan dan komoditas yang masih memiliki prospek yang positif.

Dari segi fundamental, ia juga menilai saham-saham yang banyak dijual investor asing ini memiliki fundamental yang baik seperti sektor perbankan, dimana saat ini industri perbankan sedang mengalami pemulihan.

Baca Juga: IHSG Melesat 4,85% Sepekan, Sektor Teknologi Melonjak 11,74%

Menurut Azis, hal ini didorong oleh pulihnya mobilitas masyarakat sehingga membuat penyaluran kredit bertumbuh.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×