kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,15   -3,09   -0.31%
  • EMAS1.138.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intip Rekomendasi Saham yang Menarik Dilirik dari Sejumlah Analis Hari ini (5/9)


Senin, 05 September 2022 / 08:31 WIB
Intip Rekomendasi Saham yang Menarik Dilirik dari Sejumlah Analis Hari ini (5/9)
ILUSTRASI. Rekomendasi saham saat IHSG diproyeksi melemah hari ini (5/9)


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan pasar dan arah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi dibayangi oleh respons investor terhadap efek kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi dan Pertamax. IHSG berpotensi terkoreksi pada perdagangan hari ini (5/9).

Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas Cheryl Tanuwijaya memproyeksikan IHSG bergerak melemah dengan rentang 7.000 - 7.200. "Pelaku pasar akan mencermati dampak kenaikan harga BBM terhadap perekonomian domestik," kata Cheryl kepada Kontan.co.id, Senin (5/9).

Secara teknikal, IHSG juga sedang konsolidasi dan membentuk candle reversal yang mengindikasikan penurunan harga. Di samping itu, investor akan menantikan pidato gubernur The Fed, Jerome Powell di pertengahan pekan serta rilis data-data ekonomi seperti indeks keyakinan konsumen dalam negeri.

Meski begitu, masih ada sejumlah saham yang layak dicermati. Cheryl merekomendasikan PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL), PT Arkora Hydro Tbk (ARKO), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), dan PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) untuk bisa dikoleksi hari ini.

Berdasarkan analisa teknikal, Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus melihat IHSG berpotensi melemah terbatas pada rentang 7.050 - 7.217. "Persepsi akan memainkan peranan penting pada pergerakan pasar hari ini," ujar Nico.

Baca Juga: Rekomendasi NH Korindo Sekuritas Senin (5/9): Buy BBNI, ANTM, MAPI, dan MIKA

Pelaku pasar bisa mengamati saham PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) dengan support Rp 2.310 dan resistance Rp 2.410. PT Elnusa Tbk (ELSA) dengan support Rp 312 dan resistance Rp 326. Lalu, PT Barito Pacific Tbk (BRPT) support Rp 820 dan resistance Rp 880.

Head of Research NH Korindo Sekuritas Indonesia Liza C. Suryanata menganalisa, IHSG masih akan berkutat dengan resistance krusial yang perlu ditembus pada area 7.200, apabila ancaman konsolidasi lebih lanjut ini hendak di netralisir.

Jika IHSG ditutup di bawah level 7.140, maka tren naik IHSG dari sejak bulan Juli lalu diperkirakan akan berubah jadi trend sideways untuk beberapa waktu ke depan. "Kami ingatkan para investor atau trader pasar modal untuk lebih fokus perhatikan support terdekat hari ini," kata Liza.

Liza melanjutkan, apabila support di area 7.080 - 7.070 tertembus ke bawah, maka berpotensi  menyeret turun IHSG lebih dalam ke area 7.000, bahkan sampai dengan level 6.950 - 6.930.

Saham PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), dan PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) masih menarik dibeli hari ini. Selanjutnya, Liza menyarankan speculative buy untuk PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

 

Sementara itu, Vice President Infovesta Utama Wawan Hendrayana optimistis efek koreksi terhadap IHSG dari kenaikan harga BBM ini berlangsung jangka pendek saja. Meski ada lonjakan inflasi, asalkan momentum pertumbuhan ekonomi tetap terjaga IHSG bisa kembali menguat di sisa tahun ini.

Menimbang sentimen kenaikan harga BBM ini, support IHSG ditaksir ada di area 6.800-6.900. Wawan menilai penurunan ke level itu masih terbilang wajar. Dia optimistis merosotnya IHSG hanya jangka pendek, dan bisa kembali menguat hingga ke level 7.400 di akhir tahun.

Wawan menyarankan agar pelaku pasar wait and see terlebih dulu terhadap emiten yang rentan terdampak kenaikan harga BBM. Seperti emiten transportasi darat, PT Blue Bird Tbk (BIRD).

Saham sektor keuangan dan consumers goods bisa dilirik dengan strategi buy on weakness. Saham yang bisa dipilih adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).

CEO Edvisor.id Praska Putrantyo menyoroti bahwa saat ini pun IHSG cenderung bergerak sideways di level 7.098-7.230. Dengan kenaikan harga BBM, Praska memperkirakan IHSG pada Senin (5/9) akan turun pada kisaran 7.067-7.150.

Sepekan ke depan, IHSG berpotensi terkoreksi pada rentang 6.983-7.150. "Inflasi cenderung akan tinggi, market akan mem-priced in di pekan depan, sehingga IHSG akan koreksi. Tekanan cukup besar bearish jangka pendek," kata Praska.

Baca Juga: Rekomendasi Saham Samuel Sekuritas Senin (5/9): Buy INKP, TKIM, MAPI, Sell BUKA

Praska lebih menjagokan saham-saham berbasis ekspor seperti batubara dan migas, serta nikel. Pelaku pasar disarankan mengamati saham ANTM dan PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Selanjutnya, bisa melirik saham PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan ELSA. Lalu, emiten kertas Grup Sinarmas, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM) dan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) juga layak dipilih.

Analis Kanaka Hita Solvera Raditya Krisna Pradana menambahkan, IHSG berpotensi mengalami pelemahan ke level 6.800 atau dalam kondisi terburuk bisa terlempar ke 6.650. Gerak merosot IHSG itu bisa terjadi sebelum kembali membentuk new high.

"Skenario ini tetap berjalan apabila IHSG tidak breakout resistance penting yaitu di level 7.230 dan 7.258," ungkap Raditya.

Raditya merekomendasikan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) dengan target Rp 4.980 per saham. Lalu, TKIM bisa dikoleksi dengan strategi buy on weakness untuk target Rp 8.050.

Selain itu, duo Grup Salim, INDF dan ICBP juga menarik dilirik. Meski terjadi lonjakan inflasi yang dapat menekan daya beli, tapi produk Indofood ditaksir masih tetap diminati masyarakat.

"Dengan kata lain, ICBP dan INDF tidak akan kekurangan demand yang signifikan walaupun potensi lonjakan inflasi akan melanda," tandas Raditya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Strategi Digital Marketing 2024 Menguasai Perubahan dan Meningkatkan Konversi #BisnisJangkaPanjang #TanpaCoding #PraktekLangsung Mastering Capital Budgeting

[X]
×