CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,99   -8,72   -0.86%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Intip Rekomendasi Saham Pilihan dari Para Analis, IHSG Rawan Koreksi Hari ini (5/8)


Jumat, 05 Agustus 2022 / 07:23 WIB
Intip Rekomendasi Saham Pilihan dari Para Analis, IHSG Rawan Koreksi Hari ini (5/8)
ILUSTRASI. Rekomendasi saham dari sejumlah analis saat IHSG rawan koreksi pada perdagangan hari ini (5/8)


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu menguat empat hari beruntun pada pekan ini. Namun, IHSG berpotensi terpapar aksi profit taking, meski diprediksi masih bertahan di atas level 7.000 pada perdagangan hari ini (5/8).

Adapun IHSG berada di posisi 7.057,34 setelah ditutup menguat  0,15% pada perdagangan kemarin (4/8). Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan melihat pergerakan IHSG didorong oleh musim rilis kinerja emiten semester pertama yang masih dominan membukukan pertumbuhan positif.

Di sisi lain, investor mengantisipasi rilis data GDP dan cadangan devisa. Secara teknikal, candlestick membentuk doji dengan stochastic di area overbought membentuk deadcross mengindikasikan potensi pelemahan.

Prediksi Dennies, support 1 IHSG hari ini ada di 7.029 dan support 2 di 7.002, lalu resistance 1 di 7.079 dan resistance 2 di 7.102. "Diperkirakan akan ada aksi profit taking setelah pergerakan sepekan terakhir cenderung menguat," ujar Dennies.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham Beli untuk ABBA, MARI, MPMX, SMGR, SIDO pada Hari Ini (5/8)

Pelaku pasar disarankan hold saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) dan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA). Kemudian beli saham PT PP (Persero) Tbk (PTPP) dan PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA).

Dennies merekomendasikan speculative buy saham PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) dan bisa mempertimbangkan sell untuk saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS).

Saham lain yang bisa dicermati adalah PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN), PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS), dan PT Bank Raya Indonesia Tbk (AGRO).

Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas Cheryl Tanuwijaya memandang  IHSG hari ini berpotensi konsolidasi melemah, disebabkan aksi profit taking yang biasa dilakukan di akhir pekan. Rentang pergerakan ada di 7.000 - 7.100.

Pelaku pasar menantikan rilis data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) yaitu Non Farm Payroll. Data ini dinantikan karena menjadi pertimbangan Bank Sentral AS dalam menaikkan suku bunga berikutnya.

"Selain itu juga harga komoditas yang terkoreksi dan harga emiten komoditas yang sudah relatif tinggi membuat pelaku pasar melakukan aksi jual pada emiten sektor energi," ujar Cheryl.

 

 

Rekomendasi Cheryl, beli saham Mahaka Media Tbk (ABBA), PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI), PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR), dan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO).

Menimbang pergerakan kemarin, Technical Analyst Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memandang pelaku pasar cenderung lebih cepat melakukan aksi profit taking, meski masih pada posisi trading yang wajar.

Ivan melihat kemungkinan IHSG mengalami koreksi minor dengan support di 6.990 sebagai penahan serta resistance terdekat sebagai target pada 7.108.

Saham yang masih bisa dilirik untuk posisi trading jangka pendek adalah SMGR, TOWR, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), dan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA).

Sedangkan Research Analyst Reliance Sekuritas Lukman Hakim memperkirakan IHSG besok masih akan volatil namun cenderung menguat. Didorong inflow investor asing yang masih deras pada pekan ini di saham-saham dengan kapitalisasi besar.

Rilis laporan keuangan emiten juga masih menjadi sentimen yang positif sebagai penopang indeks. Prediksi Lukman, IHSG hari ini ada di posisi 7.050-7.095.

Baca Juga: Cek Rekomendasi Saham TOWR, PTPP, MIKA, dan ERAA untuk Hari Ini (5/8)

Saham yang menarik dikoleksi adalah TBIG, PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY), PT Bukalapak.com Tbk (BUKA), dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus juga melihat IHSG masih berpotensi menguat terbatas pada rentang 6.939 - 7.097. Saham EMTK bisa dicermati dengan support Rp 2.000 dan resistance Rp 2.180.

Nico juga menjagokan saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dengan memperhatikan support di Rp 7.600 dan resistance pada Rp 8.025. Lalu PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dengan support Rp 1.935 dan resistance pada Rp 2.040.

Selanjutnya: Harga Minyak Melemah, Hari Ini (5/8) Saatnya Beli atau Jual Saham MEDC?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×