kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,13   5,82   0.64%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intip Rekomendasi Saham dari Sejumlah Analis untuk Perdagangan Senin (30/5)


Senin, 30 Mei 2022 / 07:52 WIB
Intip Rekomendasi Saham dari Sejumlah Analis untuk Perdagangan Senin (30/5)
ILUSTRASI. Pekerja melintas di depan layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bertahan di zona hijau pada pekan lalu. Mengawali pekan ini, IHSG berpeluang melanjutkan penguatan di perdagangan Senin (30/5).

IHSG berada di posisi 7.026,25 setelah ditutup menguat 142,75 poin atau 2,07% pada Jum'at (27/5). 

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya melihat IHSG masih cukup betah berada dalam rentang konsolidasi wajar. Peluang kenaikan terbatas akan terlihat pada hari ini.

IHSG masih ditopang oleh beberapa faktor, di antaranya musim pembagian dividen oleh emiten dan stabilnya tingkat suku bunga dalam negeri yang merupakan salah satu indikator bahwa kondisi perekonomian masih cukup stabil.

Baca Juga: Prediksi IHSG Hari Ini Senin (30/5) Masih Berpotensi Naik, Waspadai Profit Taking

Namun, peluang tekanan masih tetap ada. "Peluang koreksi masih dapat dimanfaatkan untuk melakukan akumulasi pembelian terutama bagi investort jangka panjang. Hari ini IHSG berpotensi menguat," kata William dalam keterangan tertulis yang disiarkan Minggu (29/5).

IHSG ditaksir bergerak di rentang 6.944 - 7.071. William menjagokan saham BBCA, UNVR, HMSP, ICBP, ITMG, BBRI, ASII, EXCL, dan INDF, untuk dapat dicermati oleh pelaku pasar pada perdagangan hari ini.

Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan juga memprediksi IHSG hari ini akan menguat. Secara teknikal candlestick membentuk long white body pada higher high dan higher low mengindikasikan potensi penguatan.

"Pergerakan dalam negeri masih didorong musim rilis kinerja emiten per kuartal I-2022 serta pembagian dividen. Pergerakan di awal pekan akan minim sentimen dari data ekonomi," ujar Dennies.

IHSG diprediksi bergerak pada area support 1 di 6.965 dan support 2 pada 6.904. Kemudian resistance 1 pada 7.059 dan resistance 2 di 7.092. Dennies memberikan rekomendasi hold untuk saham HMSP dan TLKM.

Kemudian, pelaku pasar bisa mempertimbangkan speculative buy saham BSDE dan PTPP. Selain itu, investor dapat mencermati saham ERAA, BBCA, TOWR, ISSP, ASSA, dan PWON.

Baca Juga: IHSG Diprediksi Kembali Menguat di Awal Pekan Ini, Ditopang Derasnya Capital Inflow

Equity Research Analyst Pilarmas Investindo Sekuritas Desy Israhyanti juga melihat saat ini sentimen dari dalam negeri sudah mulai minim. Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan penguatan yang ditopang oleh komoditas, yang memberikan optimisme terhadap prospek ekonomi Indonesia ke depannya.

Kondisi tersebut bisa menarik kembali minat investasi pada pasar saham. " Statistik inflasi yang akan dirilis jelang akhir pekan depan, diprediksi menurun karena konsumsi tidak akan setinggi pada bulan sebelumnya, kemungkinan akan diantisipasi oleh investor," ujar Desy.

Pasar saham berpotensi kembali ramai meski masih dibayangi volatilitas dari eksternal. Desy memprediksi IHSG bergerak pada rentang 6.873 - 7.073. Saham TLKM, BBRI, dan ELSA dinilai menarik untuk dicermati hari ini.

Sementara itu, Head of Investment Reswara Gian Investa, Kiswoyo Adi Joe memperkirakan IHSG bergerak di level support 6.900 dan resistance pada 7.150. Saham yang bisa diperhatikan adalah BBRI, BBCA, JSMR, dan TLKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×