kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intip Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham Hari Ini dari Sejumlah Analis Berikut


Rabu, 24 Januari 2024 / 05:30 WIB
Intip Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham Hari Ini dari Sejumlah Analis Berikut
ILUSTRASI. Foto montase pergerakan harga saham pada layar digital di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta (4/1/2024) . KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,11% atau 8,301 poin ke level 7.256.229 hingga akhir perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (23/1). Sejak awal pekan, IHSG sudah menguat 0,19%.

Equity Research Analyst Pintraco Sekuritas Alrich Paskalis Tambolang memprediksi IHSG akan berpotensi konsolidasi menguat dengan support 7.150 dan resistance 7.250 pada perdagangan Rabu (24/1). 

Alrich menjelaskan, IHSG mencoba keluar dari area konsolidasi 7.200 - 7.250 pada Selasa (23/1).  Menurutnya, IHSG kembali membentuk lower shadow panjang di hari ketiga berturut-turut. Akan tetapi, volume transaksi masih cenderung melanjutkan penurunannya. 

“Dengan demikian, belum terdapat validasi yang cukup kuat untuk IHSG mengakhiri fase konsolidasinya,” kata dia kepada Kontan.co.id, Selasa (23/1).

Baca Juga: IHSG Menguat 0,11% Hari Ini, Simak Proyeksi dan Rekomendasi Saham Untuk Rabu (23/1)

Menurutnya, sentimen dari regional Asia yaitu berasal dari keputusan Bank of Japan (BoJ) untuk menahan suku bunga acuan di -0.1% pada Selasa (23/1), tidak berdampak signifikan pada IHSG di hari ini.

Dia mengatakan, hal itu lantaran fokus pelaku pasar di Indonesia masih tertuju pada rilis laporan keuangan di kuartal IV-2023, terutama oleh emiten perbankan yang dimulai pada tengah pekan ini.

Sedangkan sentimen dari eksternal, kata Alrich, berasal dari data manufaktur (flash) Euro Area, Jerman, Inggris dan AS yang dijadwalkan akan rilis pada Rabu (24/1). 

“Sayangnya, realisasi dari data-data tersebut diperkirakan cenderung stagnan atau pulih dengan laju yang sangat lambat dan masih tertahan pada kondisi kontraksi,” kata dia.

Dengan demikian, dia menilai bahwa sejumlah saham bank masih dapat diperhatikan, seperti Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) dan Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS). 

Selain saham bank, Alrich mengatakan bahwa pelaku pasar juga dapat mencermati peluang trading buy pada saham PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI), dan PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR). 

 

Baca Juga: IHSG Menguat ke 7.256 Hari Ini (23/1), BMRI, AMMN, BRIS Paling Banyak Net Buy Asing

Sementara itu, Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas Cheryl Tanuwijaya juga mengatakan bahwa IHSG berpotensi konsolidasi menguat dengan range 7.220 - 7.280. 

“Penguatan didukung oleh ekspektasi hasil earning yang positif di AS yang makin menguatkan ekspektasi pasar bahwa ekonomi AS bisa soft landing di tengah suku bunga yang tinggi,” ujar Cheryl kepada Kontan.co.id, Selasa (23/1). 

Cheryl pun merekomendasikan saham PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) dengan target harga Rp 850 per saham, dan saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dengan target harga Rp 1.200 per saham. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×