kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45975,16   -1,28   -0.13%
  • EMAS916.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.19%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Inilah rekomendasi saham yang berpotensi cuan karena suku bunga rendah


Rabu, 22 September 2021 / 07:56 WIB
Inilah rekomendasi saham yang berpotensi cuan karena suku bunga rendah
ILUSTRASI. Inilah rekomendasi saham yang berpotensi cuan karena suku bunga rendah

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) akan kembali membuka transaksi perdagangan edisi hari Rabu 22 September 2021. Sebelum memulai transaksi, simak rekomendasi saham yang layak dibeli dan akan memberikan cuan.

Analis memiliki rekomendasi sejumlah saham yang bisa memberikan keuntungan setelah Bank Indonesia (BI) kembali menahan suku bunga acuan atau BI 7 days reverse repo rate di level 3,50% dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada September 2021.

Dengan suku bunga acuan BI yang tetap rendah, sejumlah sektor industri akan memiliki prospek kinerja yang bagus. Analis Philip Sekuritas Helen menuturkan, umumnya sektor yang diuntungkan dengan adanya kebijakan suku bunga rendah adalah dari sektor bank, properti, dan otomotif.

“Kebijakan suku bunga rendah menyebabkan biaya pinjaman yang harus ditanggung lebih rendah sehingga potensi profitabilitas lebih tinggi,” ujar Helen.

Selain itu, sambungnya, bunga kredit juga bisa dipertahankan di level rendah sehingga dapat memacu minat masyarakat untuk membeli kendaraan. Oleh karena itu sektor otomotif menjadi salah satu yang turut mengalap berkah.

Baca Juga: BI pertahankan suku bunga acuan, saham emiten properti kompak menguat

Helen menambahkan, perpanjangan insentif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) juga menjadi sentimen positif tersendiri untuk emiten otomotif. Dari sektor otomotif, Helen rekomendasi saham PT Astra International Tbk (ASII).

Pada perdagangan Selasa (21/9), saham ASII terkoreksi 1,42% ke harga Rp 5.225 per saham.

Kepala Riset PT Samuel Sekuritas Suria Darma mengatakan, keputusan BI untuk mempertahankan suku bunga acuan tidak begitu memberikan pengaruh terhadap pergerakan saham-saham terkait. “Tidak terlalu berpengaruh karena semua sudah memprediksi (suku bunga acuan) tetap,” ungkapnya, Selasa (21/9).

Berdasarkan data RTI, memang beberapa saham perbankan mengalami penurunan pada perdagangan Selasa (21/9), saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) turun 0,56% ke harga Rp 3.570 per saham, saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) terkoreksi 1,44% ke harga Rp 32,450 per saham.

Sementara itu saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) melemah 0,83% ke harga Rp 5.975 per saham, dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) turun 0,74% ke harga Rp 1.345 per saham.

Baca Juga: BI tahan suku bunga acuan, sektor-sektor saham ini bisa jadi pilihan

Lebih lanjut, Suria bilang, tren suku bunga acuan yang tetap rendah ini positif untuk kinerja emiten dari beberapa sektor, tak terkecuali sektor perbankan dan properti.

Itulah rekomendasi saham untuk trading hari ini, Rabu 22 September 2021. Ingat, disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Selanjutnya: IHSG lanjut bergerak di kisaran 6.030-6.130, simak rekomendasi saham hari ini (22/9)

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
The Hybrid Salesperson The New Way to Sell in The New Era Certified Supply Chain Manager (CSCM) Batch 2

[X]
×