kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ini ulasan fundamental BBKP


Senin, 21 Maret 2016 / 20:07 WIB
Ini ulasan fundamental BBKP

Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) cukup berhasil melewati tahun 2015 yang sulit. Di tengah tekanan yang terjadi, perseroan masih mampu membukukan peforma yang positif.

Periode 2015, BBKP mengucurkan kredit senilai Rp 66 triliun, naik 19% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Lalu, pendapatan bunga BBKP juga mengalami kenaikan 17% menjadi Rp 8,3 triliun.

Deky Rahmat Sani, analis NH Korindo Securities menjelaskan, strategi BBKP untuk fokus serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada para debitur deposito dengan mengubah cara pandang investor secara bertahap beralih cara berinvestasinya dari jangka pendek ke jangka menengah dan jangka panjang menjadi katalis positif bagi peforma perseroan.

Namun, peforma ini juga tak lepas dari hasil kinerja anak usahanya. Semua entitas tersebut fokus pada penghimpunan dan penyaluran kredit baik itu untuk UKM, konsumer maupun bisnis komersil.

Seperti diketahui, tahun lalu BBKP menyuntikan sejumlah dana untuk anak usahanya, Bank Bukopin Syariah (BSB) dan Bukopin Finance. Cara ini ternyata cukup berhasil membuat peforma BBKP terjaga meski di tengah kondisi sulit sekalipun.

Sepanjang tahun lalu, sebesar Rp 40 miliar laba bersih berasal dari BSB. Sementara, Bukopin Finance menyumbangkan laba bersih Rp 7 miliar.

"Hal ini juga yang mendasari BBKP kembali menyuntikan dana masing-masing Rp 100 miliar untuk anak usahanya tersebut," ujar Deky, (21/3).

Deky menambahkan, dengan asumsi pertumbuhan EPS 2016 dapat mencapai sebesar 9% (EPS 2015 108.3 vs EPS 2016E 118.1) maka target harga BBKP diperkirakan akan mencapai Rp 980 per saham dengan potensial upsize sebesar 59.3% yang mencerminkan dari prediksi P/E 2016 6.46x dari harga saat ini Rp 615 berbanding P/E rata – rata 6.59x. Buy untuk BBKP.




TERBARU

Close [X]
×