kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45775,30   4,34   0.56%
  • EMAS931.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Ini strategi Martina Berto (MBTO) perbaiki kinerja di akhir 2018


Minggu, 04 November 2018 / 17:15 WIB
Ini strategi Martina Berto (MBTO) perbaiki kinerja di akhir 2018
ILUSTRASI. Martha Tilaar dari Martina Berto

Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Martina Berto Tbk (MBTO) membukukan penurunan pendapatan sebesar 26% year on year (yoy) dari Rp 505,01 miliar pada kuartal III 2017 menjadi Rp 382,63 miliar pada kuartal III 2018.

Sementara rugi bersih berhasil dipangkas menjadi Rp 62,27 miliar dibanding kuartal III 2017 yang sebesar Rp 26,34 miliar. Direktur Utama MBTO Bryan David Emil mengatakan, pendapatan MBTO turun karena menurunnya daya beli konsumsi masyarakat di segmen middle low.


Untuk mengatasi penurunan daya beli, Bryan menyatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk melakukan kegiatan marketing sales public relations untuk pertahankan brand ekuitas dari merek-merek yang dikelola. Selain itu Bryan bilang, pihaknya juga akan lalukan efisiensi biaya secara selektif dalam investasi seperti soal pengadaan mesin. 

Ia juga berharap dengan adanya pertumbuhan volume penjualan dari anak perusahaan yaitu PT Cedefindo, maka bisa memperbaiki kinerja keuangan perseroan terutama dari sisi cash flow dan net sales pada akhir 2018. "Kita usahakan value growth antara 1% hingga 5% pada akhir 2018" ujarnya kepada kontan.co.id, Jumat (2/11).

Adapun hingga kuartal III 2018, MBTO telah menyerap belanja modal alias capital expenditure (capex) sekitar Rp 10 Miliar dari total capex tahun ini yang sebesar Rp 20 miliar. "Belanja modalnya sebagian besar dipakai untuk investasi mesin dan sisanya untuk pengadaan ada kendaraan operasional porsinya tidak besar.

Sementara untuk tahun 2019, Bryan bilang pihaknya tidak akan terlalu agresif untuk meningkatkan kinerja perusahaannya. "Kita moderat-moderat saja dan tidak terlalu super agresif karena efek tahun politik sangat hebat," ungkapnya.

Maka ia bilang, MBTO akan fokus untuk mengembangkan distribusi dan renovasi produk hair care, skin care, make up dan jamu. Selain itu, akan secara intensif menyasar penjualan ekstrak ke pasar global.

Lebih lanjut, Bryan juga bilang pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan business value anak usahanya PT Cedefindo existing dengan klien baru. "Selain itu, kami juga akan meningkatkan business value Martha Tilaar shop dan makin meningkatkan profitabilitasnya," paparnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×