kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini strategi Ancora Indonesia (OKAS) dongkrak kinerja hingga akhir tahun


Selasa, 26 November 2019 / 18:57 WIB
Ini strategi Ancora Indonesia (OKAS) dongkrak kinerja hingga akhir tahun
ILUSTRASI. Direktur Utama Ancora Indonesia Resources Rolaw P. Samosir. KONTAN/Baihaki/16/10/2019


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja PT Ancora Indonesia Resources Tbk terbilang apik pada kuartal III 2019. Emiten dengan kode saham OKAS ini membukukan kenaikan pendapatan sebesar 18,41% menjadi US$ 120,83 juta di periode tersebut.

Kenaikan pendapatan ini pun berimbas pada kenaikan laba. Pada kuartal III 2019, OKAS mampu meraup laba bersih sebesar US$ 921.315. Padahal, pada periode yang sama tahun 2018 OKAS masih menanggung kerugian senilai US$ 3,36 juta.

Direktur Utama Ancora Indonesia Resources Rolaw P. Samosir mengatakan, kenaikan kinerja OKAS pada kuartal III 2019 tidak terlepas dari kenaikan penjualan di PT Multi Nitrotama Kimia (MNK) menjadi sekitar US$ 18.9 juta. Meski demikian, penjualan di entitas anak lainnya juga ada yang mengalami penurunan.

Baca Juga: Tambang Batubara Memicu Bisnis Bahan Peledak Ancora Indonesia Resources (OKAS)

"Walaupun penjualan PT Bormindo Musantara sedikit mengalami penurunan," ujar Rolaw saat dihubungi Kontan.co.id

Selain itu, kenaikan kinerja OKAS pada kuartal III 2019 juga berkat diversifikasi pelanggan dan efisiensi yang dilakukan, sehingga menghasilkan peningkatkan laba secara konsolidasi.

Kenaikan penjualan dan efisiensi mengakibatkan EBITDA OKAS per 30 September 2019 sebesar US$ 15,8 juta,  meningkat jika dibandingkan dengan EBITDA per 30 September 2018 sebesar US$ 7,6 juta.

Baca Juga: Performa Banyak Perusahaan Tidak Sesuai Target, Ini Kinerja Emiten Indeks Kompas100 premium

Untuk mempertahankan dan meningkatkan kinjera, Rolaw mengatakan, OKAS telah mempersiapkan sejumlah strategi. Salah satunya, diversifikasi pelanggan dan diversifikasi usaha produk. Selain itu, OKAS Secara terus-men melakukan efisiensi operasional.

"Serta mengurangi ketergantungan pada satu pemasok dan mengidentifikasi potensi bisnis baru yang masih sejalan dengan kegiatan usaha saat ini," kata Rolaw.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×