kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ini Rencana Samindo Resources (MYOH) Usai Jadi Pengendali Baru Transkon Jaya (TRJA)


Kamis, 11 Januari 2024 / 17:48 WIB
Ini Rencana Samindo Resources (MYOH) Usai Jadi Pengendali Baru Transkon Jaya (TRJA)
ILUSTRASI. Armada kendaraan yang siap disewakan oleh PT Transkon Jaya Tbk (TRJA).

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Samindo Resources Tbk (MYOH) telah resmi menjadi pengendali baru PT Transkon Jaya Tbk (TRJA). Pada 30 November 2023, MYOH telah melakukan penandatanganan akta jual beli atas saham TRJA sebanyak 1,11 miliar saham.

Jumlah ini setara dengan 74% dari seluruh total modal ditempatkan dan disetor penuh yang sebelumnya dimiliki oleh PT Damai Investama Sukses dan PT MSJ Investama Abadi. MYOH melakukan akuisisi TRJA pada harga Rp 275 per saham. Sehingga, akuisisi saham TRJA ini bernilai kurang lebih Rp 307,32 miliar.

Sekretaris Perusahaan MYOH Ahmad Zaki Natsir mengungkapkan, masuknya Transkon Jaya menjadi bagian MYOH akan memperkuat positioning MYOH sebagai penyedia jasa pertambangan terintegrasi. 

“Artinya ada satu layanan lagi yang dapat kami tawarkan kepada klien kami,” terang Zaki saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (11/1).

Baca Juga: Panorama Sentrawisata (PANR) Yakin Kinerja 2024 Kembali Pulih Seperti Sebelum Pandemi

Adapun MYOH saat ini memiliki empat layanan yang telah ditawarkan kepada pelanggan, yakni overburden (OB) removal, coal getting, coal hauling dan exploration drilling.

TRJA sendiri telah dikenal luas di industri pertambangan, tidak hanya di pertambangan batubara, namun juga pertambangan selain batubara. Hal ini tentu akan menjadi pintu masuk bagi MYOH untuk dapat memperluas jangkauan pasar kami.

TRJA adalah perusahaan bergerak dalam penyewaan kendaraan berpenggerak roda empat atau four-wheel drive (4WD) yang merupakan alat transportasi pendukung utama dalam kegiatan pertambangan.

Dalam sektor pertambangan nasional, TRJA melalui lebih dari 2.800 unit kendaraan berpenggerak 4WD miliknya telah tersebar di berbagai kontraktor tambang ternama di Indonesia, sebut saja PT Pamapersada Nusantara dan PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA).

Usai menuntaskan akuisisi ini, MYOH akan melakukan penawaran tender wajib (tender offer) atas saham TRJA. Tender offer dilakukan MYOH terhadap 271,83 juta saham TRJA atau sekitar 18% dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh.

 

Baca Juga: Tender Offer Saham Transkon Jaya (TRJA) Berlangsung 30 Hari, Ini Jadwalnya

Harga penawaran tender wajib ditetapkan sebesar Rp 281 per saham. Harga ini didapatkan dari rata-rata harga tertinggi harian saham TRJA yang diperdagangkan di BEI selama 90 hari sebelum tanggal pengumuman negosiasi, yakni Rp 280,19. 

Sehingga, MYOH merogoh kocek Rp 307,32 miliar untuk melakukan tender offer terhadap saham TRJA.

“Dana akuisisi dan tender offer TRJA semuanya berasal dari kas internal,” tutup Zaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×