CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,33   10,53   1.04%
  • EMAS995.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Ini Rekomendasi Saham yang Bisa Dilirik Saat IHSG Diramal Melemah pada Jumat (1/7)


Jumat, 01 Juli 2022 / 06:30 WIB
Ini Rekomendasi Saham yang Bisa Dilirik Saat IHSG Diramal Melemah pada Jumat (1/7)


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup lunglai pada akhir Juni. Merosot 30,76 poin atau 0,44% ke level 6.911,58, IHSG memerah dalam empat hari beruntun pada pekan ini.

Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan menganalisa, penurunan IHSG seiring pelemahan bursa saham secara global yang cukup khawatir The Fed akan menaikkan suku bunga hingga 75 basis poin di bulan Juli.

Sedangkan dari dalam negeri masih minim sentimen pendorong. Dennies memprediksi IHSG Jumat (1/7) akan melemah pada area support 1 di 6.875 dan support 2 pada 6.839. Kemudian resistance 1 di 6.968 dan resistance 2 di 7.025.

"Pelemahan diperkirakan akan mulai terbatas terlihat dari stochastic yang mulai memasuki area oversold. Investor akan mencermati rilis data inflasi Indonesia," ujar Dennies dalam riset yang disiarkan Kamis (30/6).

Baca Juga: Berbalik Melemah, IHSG Ditutup Turun 0,44% ke 6.911,58 di Akhir Perdagangan Hari Ini

Senada, Equity Research Analyst Pilarmas Investindo Sekuritas Desy Israhyanti juga meyakini pelaku pasar akan mencermati rilis data inflasi dalam negeri dan indeks manufaktur. Inflasi diperkirakan lanjut meningkat sedangkan indeks manufaktur pergerakannya masih terbatas.

Dessy menaksir IHSG akan melanjutkan pelemahan pada rentang 6.893 - 7.124. 

"Tekanan eksternal cukup kuat sejalan dengan bursa global yang mayoritas melemah," kata Desy.

Technical Analyst Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova menambahkan, investor asing berpotensi melanjutkan nett sell mengantisipasi rencana The Fed yang masih bisa menaikkan suku bunga pada semester kedua. 

Meski begitu, secara regional IHSG kemarin termasuk cukup kuat dengan koreksi yang tidak mencapai 1%. Prediksi Ivan, IHSG masih akan mengalami tekanan jual dengan minor rebound seperti yang terjadi pada Kamis (30/6). Support ada di 6.860 dan resistance pada 6.970.

Analis Fundamental B-Trade Raditya Krisna Pradana menganalisa, penutupan IHSG pada level 6.911 berada di bawah support penting 6.920. Menurutnya, ini mengkonfirmasi IHSG akan memasuki bearish jangka pendek-menengah.

Baca Juga: Harga Saham BBCA & GOTO Kompak Melemah di Perdagangan Bursa Kamis (30/6)

Kemungkinan, IHSG akhir pekan ini akan rebound pendek ke level 7.000-7.020, sebelum lanjut turun ke bawah 6.859. Keypoint yang dicatat Raditya, support berada di 6.900, sedangkan resistance ada di 7.000, 7.050, dan 7.080 - 7.100.

"Bisa kembali melirik saham-saham IDX Energy untuk melakukan buy on weakness karena proyeksi kami berada pada akhir koreksi," ujar Raditya.

Sementara itu, Ivan menyarankan untuk memperhatikan saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL), dan PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX). 

"Rekomendasi trading buy saja dan tetap disiplin dalam membatasi risiko trading secara ketat," imbuh Ivan.

Kemudian menurut Desy, saham PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII), dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) menarik untuk dicermati pelaku pasar pada perdagangan besok.

Sedangkan Dennies memberikan rekomendasi hold untuk saham PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), dan PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×