kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.003,17   -5,24   -0.52%
  • EMAS1.133.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Harga IPO Perusahaan Distributor Milik Taipan Hermanto Tanoko (PEVE)


Jumat, 30 Desember 2022 / 16:53 WIB
Ini Harga IPO Perusahaan Distributor Milik Taipan Hermanto Tanoko (PEVE)
Ini Harga IPO Perusahaan Distributor Milik Taipan Hermanto Tanoko (PEVE)


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Tancorp Group milik taipan Hermanto Tanoko melebarkan sayapnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kali ini, Tancorp Group akan membawa PT Penta Valent Tbk (PEVE) untuk menggelar Initial Public Offering (IPO).

PEVE menawarkan sebanyak-banyaknya 368 juta saham atau 20,67% dari total modal ditempatkan dan disetor setelah IPO. Nilai nominal sebesar Rp 20 setiap saham, dengan harga penawaran berkisar antara Rp 120 per saham sampai Rp 149 per saham.

Lewat IPO ini, PEVE berpotensi mengantongi dana segar sekitar Rp 44,16 miliar sampai dengan Rp 54,83 miliar. Merujuk prospektus, setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek, seluruh dana yang diperoleh dari hasil IPO akan dipakai untuk modal kerja.

Baca Juga: Hermanto Tanoko Gelar Tender Offer Saham Cahayaputra Asa (CAKK) di Rp 229 per Saham

Modal kerja tersebut dimaksudkan untuk mendukung kegiatan operasional dan pengembangan bisnis. Antara lain untuk biaya operasional seperti biaya angkut, biaya kantor, biaya penjualan, dan biaya sewa.

Selain itu, dipakai juga untuk pembelian barang dagangan dan pelunasan utang usaha kepada pemasok.

Sebagai informasi, Penta Valent merupakan distributor produk-produk farmasi dan barang-barang konsumsi seperti kosmetik, personal care, toiletries dan household di Indonesia melalui 34 cabang dengan jangkauan nasional.

Sejak tahun 2009, Penta Valent meningkatkan kompetensinya untuk mendistribusikan produk-produk rantai dingin (Cold Chain Products/CCP). Produk dijaga pada rentang temperature 2° – 8° C secara konstan pada waktu penyimpanan, pengiriman, sampai dengan diserahkan kepada rumah sakit atau apotek.

Baca Juga: Kurang Banyak Akumulasi Lewat IPO, SCG Borong Lagi 9,25 Persen Saham Depo Bangunan

PT Tancorp Mega Buana menjadi pemegang saham mayoritas Penta Valent dengan kepemilikan 50,44%. Sedangkan sisanya dimiliki oleh PT Maramakmur Selaras dengan porsi 25,28% dan PT Multi Pidotama Mandiri mengempit saham 24,28%.

Posisi itu merupakan kepemilikan saham sebelum penawaran umum perdana. Setelah IPO, PT Tancorp Mega Buana masih mayoritas dengan 40,02%, lalu PT Maramakmur Selaras 20,05%, dan PT Multi Pidotama Mandiri 19,26%. Sedangkan 20,67% sisanya menjadi porsi publik.

Konglomerat Hermanto Tanoko tetap menjadi pemegang saham pengendali. Orang terkaya nomor 11 di Indonesia versi Forbes ini menjabat sebagai komisaris utama PT Penta Valent Tbk (PEVE).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×