kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini data yang dicermati untuk pergerakan IHSG hari ini beserta pilihan sahamnya


Rabu, 24 Juni 2020 / 06:00 WIB
Ini data yang dicermati untuk pergerakan IHSG hari ini beserta pilihan sahamnya


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini berpotensi kembali berada di jalur hijau. Selasa (23/6), IHSG turun 0,81% ke level 4.879,13. 

Lanjar Nafi Analis Reliance Sekuritas menjelaskan, pelemahan IHSG terjadi di saat mayoritas indeks saham Asia mampu berbalik hijau. Ini terjadi karena meningkatnya angka kasus pandemi di Indonesia. 

Saham-saham yang membuat IHSG menurun kemarin adalah saham sektor industri dasar yang turun 1,68% dan konsumsi turun 1,26%. Lanjar menyebut, naiknya harga minyak membuat katalis negatif bagi perusahaan industri dasar dan konsumsi. 

Baca Juga: IHSG diprediksi kembali melemah Rabu (24/6), simak saham-saham pilihan analis

Tak hanya itu, saham sektor pertambangan juga turun 1,24%. Penurunan ini karena harga komoditas energi seperti batubara dan CPO menurun akibat potensi penurunan demand di tengah gelombang kedua virus corona yang masih membayangi perusahaan pertambangan. 

Aksi jual investor asing tercatat Rp 482,62 miliar mengiringi pelemahan rupiah sebesar 0,08% ke level Rp 14.161,50 per dollar AS. 

Sementara dari regional, ketegangan AS-China mengenai kesepakatan perdagangan menjadi penyebab pelemahan IHSG sehingga menimbulkan kekhawatiran. Hari ini, Lanjar mengatakan, pelaku pasar akan menanti rilis proyeksi pertumbuhan 2020 oleh IMF pada hari ini. 

Baca Juga: IHSG melemah 0,81% pada hari ini, aksi ambil untung dan faktor eksternal jadi pemicu

Selain itu, pelaku pasar juga menanti klaim pengangguran AS, data penjualan barang tahan lama dan PDB yang akan dirilis Kamis. Dari dalam negeri data pertumbuahan penjualan sepeda motor dan pertumbuhan pinjaman pekan ini akan menjadi penggerak IHSG. 

Secara teknikal, Lanjar menyebut, pergerakan IHSG secara teknikal kembali terkonsolidasi dan tertahan bergerak moderate di atas level support MA20 dan bullish trend line sehingga harapan bergerak pada trend positif masih terbuka. 

Indikator stochastic bergerak negatif sedangkan momentum RSI cenderung flat pada area middle oscillator. "Sehingga kami memperkirakan, IHSG berpotensi rebound dengan support resistance 4.810-5.040 secara teknikal," terang Lanjar. 

Baca Juga: Di tengah penurunan IHSG, investor asing koleksi 10 saham ini Selasa (23/6)

Saham-saham yang masih dapat dicermati diantaranya; ADRO, HRUM, ITMG, INTP, MEDC, MIKA, MNCN, PTBA, SILO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×