kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Alasan Bintraco Dharma (CARS) Optimistis Penjualan Mobil Tumbuh di Tahun Ini


Kamis, 14 Maret 2024 / 10:40 WIB
Ini Alasan Bintraco Dharma (CARS) Optimistis Penjualan Mobil Tumbuh di Tahun Ini
ILUSTRASI. Keyakinan Gaikindo membuat Bintraco Dharma (CARS) yakin penjualan mobil tumbuh positif di 2024


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (CARS) optimistis dengan penjualan mobil tahun ini. Optimisme ini sejalan dengan target penjualan mobil nasional sebanyak 1.1 juta unit di tahun 2024. 

CARS melihat peluang pertumbuhan positif di tahun 2024, terutama di wilayah operasi Perseroan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Wilayah-wilayah ini dipengaruhi oleh kegiatan industri, pendidikan, dan pariwisata. 

Investor Relations & Corporate Communication Bintraco Dharma Yosef mengatakan, keyakinan Gaikindo terhadap peningkatan penjualan mobil nasional di tahun 2024 juga turut memengaruhi target  tersebut. Dukungan datang dari munculnya merek-merek baru di pasar otomotif Indonesia dan terus dirilisnya model-model baru oleh produsen otomotif yang sudah ada. 

"Target penjualan mobil tahun 2024 diperkirakan akan sejalan dengan Gaikindo," ujar Yosef kepada KONTAN, Rabu (13/3). 

Baca Juga: CARS Bentuk Anak Usaha untuk Memperkuat Jaringan di Sektor Otomotif

Sementara itu, potensi besar ekosistem mobil listrik (EV) juga menjadi sorotan, terutama dengan cadangan nikel yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung industrialisasi EV di Indonesia. 

"Diharapkan Indonesia akan terus berkembang pada tahun 2024 dengan mulai dikembangkannya ekosistem EV di dalam negeri, termasuk produksi dan perakitan baterai untuk mobil listrik," sambungnya. 

Adapun untuk mencapai target penjualan, CARS melakukan strategi penjualan di mana prinsipal memimpin pergerakan pasar lewat strategi Multi-Pathway dengan menyediakan produk-produk elektrifikasi mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) agar sesuai kebutuhan pelanggan. 

CARS juga menyediakan kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan servis mobil dan charging baterai di dealer resmi perusahaan.

Selain itu CARS juga bekerjasama dengan banyak lembaga pembiayaan dan asuransi guna memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan dalam pengalaman mereka memiliki kendaraan. Di tambah juga CARS melakukan berbagai program marketing sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di pasar.  

Tak hanya strategi penjualan, CARS juga memandang penting adanya dealer untuk melayani kebutuhan konsumen. Saat ini CARS memiliki 24 dealer Nasmoco yang beroperasi di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Keberadaan dealer tersebut dinilai masih mampu melayani kebutuhan konsumen di wilayah tersebut. 

"Untuk penambahan dealer baru bersama principal tidak menutup peluang jika ada kebutuhan pengembangan ke depannya," tutupnya. 

Sebagai informasi, CARS membukukan penjualan mobil sebanyak 14.693 unit per September 2023 atau tumbuh 16% year on year (YoY) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yakni 12.681 unit.

 

Berdasarkan segmen produk, kontribusi penjualan CARS di segmen Low Cost Green Car (LCGC) meningkat dari 20% pada 2022 menjadi 25% per kuartal III-2023. Sementara itu, kontribusi segmen Multipurpose Vehicle (MPV) juga meningkat dari 50% pada 2022 menjadi 51% per kuartal III-2023.

Kenaikan kontribusi pada masing-masing segmen ini sejalan dengan prospek pendapatan CARS di bidang otomotif. Dengan demikian, CARS tetap optimistis bahwa target penjualan mobil sebanyak 20.000 unit pada akhir Desember 2023 dapat tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×