kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Infrastruktur Digital Telkomsel Mendukung Pertumbuhan Ekonomi di Daerah


Selasa, 28 Mei 2024 / 19:09 WIB
Infrastruktur Digital Telkomsel Mendukung Pertumbuhan Ekonomi di Daerah
ILUSTRASI. Infrastruktur digital Telkomsel akut menggerakkan perekonomian.


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah tengah mempercepat pembangunan infrastruktur digital. Salah satu perusahaan yang menjadi kepanjangan tangan pemerintah adalag Telkomsel. Dengan tersedianya infrastruktur digital di daerah dan pedesaan,  perekonomian bertumbuh. Sudah banyak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang tumbuh dan terbantu dengan kehadiran infrastruktur digital. Tanpa infrastruktur digital, maka masyarakat atau UMKM hanya dapat menjual produksi di wilayah mereka saja.

Poppy Sulistyaning Winanti, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada mengatakan, tersedianya infrastruktur digital  sangat membantu perekonomian masyarakat. Dengan adanya infrastruktur digital akan mempermudah masyarakat mengembangkan bisnis dan memperluas pasar. 

“Infrastruktur digital Telkomsel ini turut membantu perkembangan bisnis baik itu yang besar maupun sektor UMKM. Saya mengharapkan Telkomsel terus dapat mengembangkan jaringan dan meningkatkan kualitas broadband agar semakin banyak masyarakat dan UMKM dapat mengembangkan bisnisnya,” kata Poppy, dalam keterangannya, Selasa (28/5). 

Berdasarkan study McKinsey Global Insitute, dampak internet terhadap pertumbuhan ekonomi  sebesar 3,4% dari produk domestik bruto (PDB) 13 negara.. Hal ini diperkuat dengan hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia di pertengahan 2023 hingga awal 2024 yang menyatakan kontribusi penetrasi internet anak usaha Telkom Indonesia (TLKM) itu terhadap perekonomian Indonesia sangat signifikan.

Pelaku usaha yang memanfaatkan internet Telkomsel mengalami peningkatan pendapatan usaha hingga 50%.  Sementara itu penggunaan internet Telkomsel dapat membantu pelaku usaha memperluas jangkauan pasar hingga dua  lipat.

Baca Juga: Telkomsel 29 Tahun Berkomitmen untuk Maju Serentak Berikan Dampak bagi Indonesia

Dalam laporan bertajuk “Kontribusi Penetrasi Internet Telkomsel Terhadap Perekonomian Indonesia Pada Era Ekonomi Digital” menyatakan, peningkatan pendapatan dari 1.000 responden pelaku UMKM setelah menggunakan internet Telkomsel mencapai Rp 327 triliun atau sebesar 1,6% terhadap PDB tahun 2023.

Setelah infrastruktur digital, Poppy berharap operator telekomunikasi seperti Telkomsel mau membantu pemerintah memberikan literasi terhadap penggunaan broadband untuk tujuan yang produktif. Data Poppy menyebutkan, sampai saat ini penggunaan broadband di Indonesia masih untuk kegiatan sosial media.
"Penting bagi Telkomsel untuk membantu memfasilitasi agar UMKM dapat mengembangkan bisnis,” kata Poppy.

Namun kita juga harus memikirkan bagaimana infrastruktur digital yang telah terbangun tersebut dapat menjadi enabler pertumbuhan ekonomi nasional. Tanpa  literasi digital yang baik justru infrastruktur digital dapat memberikan mudarat bagi suatu negara.

"Telkomsel dapat mendorong literasi digital tersebut melalui program CSR Telkom Group. Sehingga dapat mendorong produktivitas masyarakat dan UMKM. Dengan literasi tersebut diharapkan UMKM di Indonesia dapat naik kelas dan dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional,” kata Poppy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×